Tips Cara Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

0 8,956

Memilih web hosting terbaik di Indonesia memang bisa dikatakan cukup sulit bagi yang masih awam. Dibutuhkan trik khusus dengan perencanaan yang tepat untuk menentukan web hosting yang cocok digunakan. Bagi pemula, Kalian harus benar-benar memahami trik ini dengan baik.

Pengertian Hosting.

Hosting bisa dikatakan sebagai lokasi atau media penyimpanan data berbentuk video, gambar, atau tulisan. Menurut Wikipedia sendiri, Web Hosting ialah sebuah layanan untuk user yang berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi, video, gambar, dan konten-konten lainnya agar dapat diakses dengan mudah melalui website.

Lebih mudahnya, website bisa dianalogikan seperti sebuah bangunan. Dimana website atau bangunan tersebut akan dibangun di sebuah kapling tanah berpetak-petak pada ukuran tertentu. Sepetak tanah inilah yang disebut juga sebagai istilah hosting. Sementara domain sendiri adalah alamat bangunan atau website tersebut. Lalu, apa hubungan antara website, hosting, dan domain?.

Domain nantinya digunakan sebagai petunjuk atau yang menuntun user untuk menuju hosting yang dianalogikan sebagai sepetak tanah tadi, yang sudah dibangun sebuah bangunan atau website.

Kriteria Web Hosting Terbaik.

Sebelum kita membahas tentang tempat hosting termurah di Indonesia, Kalian harus tahu bagaimana kriteria web hosting terbaik. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kinerja hosting, diantaranya :

  • Kecepatan (speed)

Speed adalah kecepatan pada server hosting untuk memproses website. Dimana kecepatan tersebut berhubungan dengan teknlogi dalam server, media penyimpanan, jenis server dan jenis OS yang digunakan, baik itu memakai CloudLinux atau Linux.
Kecepatan hosting ini juga akan berpengaruh pada kecepatan website, saat diakses menggunakan mobile ataupun web browser desktop.

  • Keamanan (security)

Hosting yang baik tentu akan menyadari arti pentingnya keamanan atau security ini. Guna menyelesaikan persoalan security ini, ada hal-hal yang harus dilihat, mulai dari sisi website, infrastruktur server dan client.
Karena itulah, umumnya web hosting yang terbaik dapat memberikan pengamanan berlebih, mulai dari adanya Cloudflare, antivirus, security protection, spam filter, antimalware, dan lain sebagainya.

  • Dukungan (support)
    Maksud dari support ini artinya yaitu bagaimana pelayanan dari tim support ketika menangani customer. Dilihat dari responnya, apakah cepat tanggap ataukah lama. Selain itu, apakah mereka bisa menyelesaikan kendala-kendala website dengan cepat ataukah tidak. Lalu dengan memperhatikan fasilitas dan fitur yang diberikan kepada customer, dan lainnya.
  • Skalabilitas (scalability)
    Sebuah hosting terbaik biasanya harus mempunyai kemampuan dalam menangani website melalui berbagai jenis load. Seperti ketika website dikunjungi oleh banyak pengunjung, jangan sampai mengalami down.

Selain itu, skalabilitas ini juga sangat dekat hubungannya dengan besarnya atau kapasitas hosting. Kapasitas hosting ini akan berpengaruh pada performa website itu sendiri. Apabila kapasitas hosting-nya sudah habis, maka web pun akan terjadi down secara tiba-tiba dan lambat.
Apa yang Terjadi Jika Salah Memilih Hosting?.

Jika Kalian beli domain untuk blogspot asal-asalan, tanpa memperhatikan kualitas dan kinerja penyedia domain dan hosting tersebut, tentu ada banyak hal yang bisa Kalian alami, diantaranya :

1. Mengalami Kerugian.

Jika website sering mengalami down, maka para pengunjung pun akan malas untuk berkunjung kembali ke website Kalian. Hal ini tentu bisa menghilangkan potensi customer yang akan membeli produk Kalian, jika Kalian membuka web online shop. Karena mereka pasti menganggap website Kalian kurang bisa diandalkan.

Bagi pelaku usaha, hal tersebut sangat merugikan. Kalian tidak hanya kehilangan uang saja untuk membayar mahal biaya hosting dan domain, tetapi juga bisa mengalami kerugian.

2. Mempengaruhi SEO.

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, berfungsi untuk menempatkan website Kalian di alaman pertama search engine sekaligus dapat meningkatkan trafik pengunjung website. SEO bisa dikatakan sebagai proses pengoptimalan konten online berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu. Karenanya saat melakukan pencarian di Google atau search engine lainnya maka konten yang ada di web Kalian langsung ada di peringkat teratas.

Kehadiran hosting pun akan berpengaruh pada traffic SEO website Kalian. Jika hosting web Kalian sering mengalami down atau bahkan sering error, Google pun bisa menganggap website Kalian tidak profesional.

3. Isu Malware dan Keamanan

Isu malware, keamanan data, spam, dan phising merupakan hal terpenting untuk memilih penyedia hosting terbaik. Sebenarnya memang tak ada sistem dengan tingkat keamanan 100. Namun jangan sampai memilih tempat beli domain murah dan hosting murah tanpa menawarkan fitur backup ke dalam cloud, remote server, dan restorasi.

Tentu dapat dibayangkan jika website Kalian diserang virus atau malware namun ternyata penyedia hosting Kalian tidak memberikan fitur backup, restore dan akses SSH. Atau bahkan mereka lepas tangan begitu saja tanpa menangani permasalahan web Kalian.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia?
Karena Kalian sudah tahu apa saja kerugiannya jika salah memilih penyedia web hosting, Kini Kalian harus tahu bagaimana trik memilih web hosting terbaik. Ini dia ulasannya :

1. Pertimbangkan Spesifikasi Server Penyedia Hosting.

Saat Kalian harus memilih web hosting terbaik, pastikan Kalian mengetahui spesifikasi server di data center vendor layanan hosting yang Kalian pilih. Biasanya spesifikasi tersebut mencakup teknologi server, kecepatan prosesor, network speed, kapasitas RAM, dan harddisk.

Kalian dapat memperoleh informasi tentang spesifikasi server ini di web penyedia hosting yang dipilih. Akan tetapi, jika Kalian menemukan kesulitan, bisa langsung menanyakannya ke customer support penyedia hosting tersebut.

2. Unlimited dan Harga Terjangkau.

Ketika memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas, pastikan layanan tersebut menawarkan harga terbaik pula. Ini artinya harga yang harus Kalian bayarkan sudah sesuai layanan dan paket domain dan hosting murah yang Kalian gunakan. Karena itu, pastikan Kalian membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket yang ditawarkan terlebih dahulu oleh beberapa penyedia hosting.

Pertimbangkan pula apakah layanan dan spesifikasinya sesuai dengan harga yang ditawarkan ataukah tidak. Hal ini bertujuan agar Kalian mendapatkan kualitas web hosting yang sesuai dengan harga yang sudah Kalian bayar kepada penyedia hosting tersebut.

3. Layanan Customer Support 24 Jam.

Pilihlah pula penyedia hosting yang menyediakan layanan customer support selama 24 jam. Sehingga mereka pun selalu sigap ketika Kalian memerlukan layanan dan konsultasi kapan saja saat dibutuhkan.

Selain itu, tim support juga diharuskan mampu menyelesaikan kendala-kendala website dengan baik. Dengan pelayanan yang ramah dan sopan santun tentunya, sehingga membuat Kalian lebih nyaman saat menggunakan layanan tim support tersebut.

4. Menyediakan Garansi Uang Kembali

Fasilitas terbaik lainnya yang ditawrakan penyedia web hosting terbaik ialah garansi uang kembali. Ini artinya penyedia hosting dan domain tersebut mampu menjamin kepuasan pelanggan mereka.
Mereka siap memberikan jaminan berupa kepuasan pelanggan untuk memperoleh layanan web hosting berkualitas.

Akan tetapi, jika Kalian tidak merasa puas dengan pelayanan mereka, maka Kalian pun bisa mengklaim untuk mengajukan pengembalian uang yang sudah dibayarkan.
Itulah sejumlah trik memilih web hosting terbaik di Indonesia yang bisa Kalian coba. Jangan lupa baca juga artikel tentang cara memilih hosting terbaik dunia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.