10 Tips Mudah Menghemat Air di rumah!

10 Tips Mudah Menghemat Air di rumah! – Air bersih yang terus menyusut tiap tahun akhirnya harus membuat kita ekstra waspada terhadap persediaannya. Untuk menjaga agar persediaan air bersih dengan baik kamu memang harus melakukan penghematan.

7 Tips Cara Mudah Menghemat Air di rumah!
Ini dia, 7 Tips Mudah Menghemat Air di rumah!

Langkah yang harus kamu ambil adalah dengan menghemat air. Saat ini bahkan sudah banyak gerakan organisasi maupun personal yang mencintai dan peduli alam salah satu yaitu programnya menjaga kelestarian serta penghematan persediaan air. Nah, kamu sendiri jika mau melakukan penghematan air, maka kamu bisa mulai melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Mengurangi Siraman

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk penghematan air ialah dengan mengurangi siraman pada aktivitas luar yang menggunakan air setiap harinya. Contoh beberapa aktivitas penyiraman air yang biasanya dilakukan oleh kita ialah; mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau aktivitas membersihkan toilet duduk.

Dalam aktifitas di atas kamu disarankan hanya mengunakan air seperlunya hematlah air sebaik-baiknya sesuai dengan keperluan.

2. Memantau Penggunaan Air

Menghemat air dengan baik bisa kamu lakukan dengan melakukan pemantauan penggunaan air di rumah kamu. Jika tidak ada mantauan air bersih di rumah anda yang seharusnya bisa kamu kendalikan dengan baik malah bisa terjadi air terbuang sia-sia dan habis. Kamu bisa melakukan pemantauan air ini dengan menggunakan meteran air.

3. Mematikan Keran

Tips Mudah Menghemat Air di rumah kamu selanjutnya adalah dengan mematikan keran air setiap kali kamu selesai menggunakan air atau selesai beraktifitas dengan air. Kamu harus menghemat air yang kamu gunakan dan juga harus menghemat penggunaan listrik untuk mengurangi pemborosan.

4. Memperbaiki Kebocoran

Masalah ini adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan pada saluran-saluran pipa air yang ada di rumah kamu. Siapa yang tahu bisa saja terjadi kebocoran yang tidak kamu ketahui. Maka dari itu untuk berjaga-jaga kamu harus melakukan pengecekan ini secara rutin. Ini juga membantu kamu untuk menghemat air di rumah kamu loh, apabila kebocoran ini tidak kamu ketahui dan telah terjadi sejak lama maka itu artinya air telah terbuang sia-sia.

5. Waktu Mandi

Kegiatan mandi merupakan momen yang dianggap paling menyenangkan bagi sebagian orang. Saat waktu mandi tiba tak sedikit orang yang akan mengahbiskan banyak waktu di dalam kamar mandi. Namun tahukah kamu jika kamu terlalu lama berada di dalam kamar mandi maka artinya kamu akan menghabiskan banyak air.

Baca Juga, 10 Tips Mudah Menghemat Air di rumah dengan efektif!

Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan kamu, tetapi bagi kamu yang sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini kamu bisa menerapkan solusi mandi dengan shower, dengan ini maka penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin.

6. Menggosok Gigi

Menurut penelitian, ada sekitar enam liter air yang terbuang percuma dari keran air yang menyala saat seseorang melakukan aktivitas menggosok gigi. Umumnya ketika seseorang menggosok gigi mereka akan menyalakan keran air terlebih dahulu dan terus menyalakannya meski ia sedang tidak menggunakan airnya karena sedang menggosok gigi.

Dari sini banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang membuang-buang air dengan percuma. Maka mulai sekarang saat menggosok gigi alangkah baiknya kamu mematikan keran air saat tidak menggunakannya.

7. Keran Aerator

Cara berikutnya untuk bisa menghemat air di rumah kamu yaitu dengan menggunakan keran aerator. Aerator adalah sebuah mesin penghasil gelembung udara yang berguna untuk menggerakkan air di dalam Akuarium agar air yang dihasilkan kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh ikan. Dengan alat ini kamu bisa melakukan pembatasan aliran air dari keran untuk menerapkan penghematan air.

8. Gunakan Filter Air

Tips Mudah Menghemat Air di rumah selanjutnya ialah apakah kamu orang yang sering membeli air dengan kemasan galon maka kamu akan bisa melakukan penghematan dengan cara menggunakan filter air. Apa ada efeknya? Tentu ada, dengan menggunakan filter air, kamu tidak perlu lagi membeli air kemasan atau air galon. kamu dapat memanfaatkan air keran dirumah kamu agar bisa dikonsumsi dengan baik dengan memfilternya dengan sebuah alat.

9. Gunakan “point of use” pemanas air

Tips berikutnya ialah kamu dapat melakukan penghematan air dengan menerapkan “point of use” pemanas air. Adanya pemanas kecil ini maka air panas bisa langsung kamu peroleh dan kamu gunakan tanpa harus membuang air sambil menunggunya hangat. Cara ini selain menjadi solusi berhemat, juga memiliki banyak keuntungan untuk kamu karena kamu tidak perlu ruang yang besar untuk pnyimpanannya.

10. Gunakan Air Kembali

Cara terakhir yang kami rekomendasikan ialah, cara untuk melakukan penghematan air di rumah dengan menggunakan air kembali (reuse water). Loh… bukannya air yang sudah digunakan itu kotor dan enggak bisa dipakai lagi.

Nah, belum tentu ya. Beberapa aktivitas seperti mencuci buah dan sayuran ini memnghasilkan air yang masih bisa digunakan lagi untuk menyiram tanaman. Jadi itu artinya air yang digunakan untuk menyiram tanaman ini kamu bisa mengumpulkannya terlebih dulu dalam panci atau baskom lalu setelahnya bisa kamu gunakan kembali untuk menyiram tanaman. Bagaimana? sangat menghemat air bukan.

Itu dia, 10 Tips Mudah Menghemat Air di rumah kamu yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang, semoga kamu bisa melakukannya!

Leave a Comment