Tips Menghindari ZOOMBOMBING di Aplikasi Zoom

Sebuah tips agar zoom meeting aman dari zoombombing

0

Di era teknologi informasi yang semakin maju, saat ini semua kalangan dari siswa sekolah hingga orang dewasa pastinya sudah banyak yang familiar dengan yang namanya aplikasi zoom. Karena selain cara mengoperasikannya yang mudah, zoom juga sangat diperlukan untuk meeting jarak jauh dan sekarang ini sedang banyak digemari.

Penggunaan aplikasi zoom sangat mudah, yaitu setelah mengunduh dan menginstall aplikasi baik di pc atau di smartphone, bisa login dengan email, atau bahkan hanya memasukkan ID rapat dan memberi nama jika memang sudah tahu ID rapat yang digunakan.

Namun kemudahan itu memberikan kekurangan aplikasi zoom, yaitu tentang keamanannya. Karena dengan kemudahan login ke rapat-rapat tersebut, membuat keamanan rendah dan bisa mengganggu privasi pengguna zoom, atau istilah lainnya disebut zoombombing. Berikut ini beberapa tips menghindari zoombombing tersebut.

1. Gunakan email kantor untuk mendaftar aplikasi zoom

Dengan menggunakan email kantor, kontak yang dibagikan ke rekan kerja adalah kontak kantor. Jadi tenang saja, privasimu pasti akan terjaga sobat!

2. Lindungi setiap ID rapat dengan password

Zoombombing adalah keadaan penyusup masuk ke zomm session dan akan mengambil alih host untuk menampilkan segala hal yang diinginkannya. Jika tidak ingin hal itu terjadi, jadi perlu diingat untuk menambahkan password di setiap ID rapat. Password adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa orang-orang yang bergabung dalam rapat adalah orang-orang yang diinginkan.

3. Atur akses masuk para partisipan rapat

Zoom meeting memiliki fitur pengaturan akses para partisipan. Dan tahukah sobat jika dalam sebuah zoom meeting pasti ada yang namanya host meeting? Host meeting berperan sebagai pembuat zoom meeting, yang juga punya kendali dalam rapat tersebut seperti menampilkan slide, dan juga mengatur akses masuk para partisipan. Sehingga host meeting akan melakukan pembatasan bagi partisipan yang masuk rapat namun tidak dikenal, mengeluarkan partisipan, dan mengizinkan partisipan untuk mengaktifkan mikrofonnya. Pembatasan tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya zoombombing.

4. Manfaatkan fitur Lock Meeting

Selain pengaturan akses masuk, zoom juga punya fitur lock meeting loh sobat! yaitu fitur untuk membatasi jumlah partisipan rapat. Memang zoom bisa menampung hingga ratusan partisipan. Namun jika rapat itu sangat penting, dan untuk menghindari zoombombing, pembatasan partisipan itu sangat perlu loh! Jadi sebagai host meeting, lebih baik mengaktifkan lock meeting jika semua partisipan rapat sudah hadir dan tidak ada lagi yang bisa masuk ke rapat.

5. Hindari mengunduh aplikasi zoom palsu!

Sobat sekalian pasti sudah tahu, jika di dunia maya banyak sekali beredar aplikasi-aplikasi palsu, termasuk juga zoom. Aplikasi palsu tersebut pastinya akan menguntungkan hacker untuk menyusup karena berisi malware berbahaya. Jadi, unduh zoom di website resmi zoom yaitu zoom.us atau melalui App store atau google play untuk perangkat selular.

Itulah 5 tips menghindari zoombombing dan melindungi privasi sobat. Jangan lupa kunjungi artikel teknologi dan artikel menarik kita lainnya ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.