J&T  

Tips menghilangkan kantuk di tempat kerja

Apakah Anda sering mengantuk di tempat kerja atau di tengah deadline? Biasanya saat mengantuk, aktivitas apapun menjadi lesu.

Ya. Semangat kerja tentu akan menurun drastis. Ini akan mengganggu produktivitas Anda. Karena mata tidak bisa diajak bekerja sama dan otak seakan lambat bekerja.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan kantuk di tempat kerja?

Jika kamu penasaran, kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah ini sampai selesai.

Simak yuk, Gaes!

Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

Mengantuk biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena kurang tidur, bosan, kurang aktivitas atau stres karena banyak hal.

Umumnya hal seperti ini dapat menimbulkan perasaan malas dan keinginan untuk tidur yang dapat mengganggu aktivitas kerja. Nah, untuk bisa mengatasinya, Anda bisa mempraktekkan beberapa tips di bawah ini.

Mengambil Kafein

Cara pertama adalah dengan minum kopi. Ini karena minum kopi cukup kuat untuk mencegah kantuk. Hal ini karena kopi merupakan minuman yang mengandung kafein.

Ketika Anda mengambilnya, itu dapat memiliki efek peringatan dan bangun. Oleh karena itu, minum kopi sangat cocok untuk mengatasi rasa malas dalam bekerja. Ingat, minumlah secukupnya, maksimal secangkir kopi sehari.

Lakukan Aktivitas Lain

Biasanya rasa ngantuk dan kemalasan yang Anda rasakan karena bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja.

Jadi Anda bisa mencoba kabur dari tempat Anda bekerja untuk sementara waktu, lalu pergi ke lokasi lain untuk menyegarkan pikiran.

Lakukan beberapa aktivitas yang menggairahkan Anda di luar untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang. Jika Anda segar dan berenergi, Anda bisa bekerja lagi.

Mendengarkan musik

Biasanya kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit di playlist kamu, untuk menambah semangat saat bekerja.

Menurut penelitian, musik dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Selain itu, juga menciptakan suasana hati yang lebih baik, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Dengan begitu rasa malas dan kurang semangat akan hilang.

Bernapas

Anda yang selalu bekerja di dalam ruangan, mungkin kekurangan udara segar. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda sesekali keluar ruangan dan ke alam terbuka untuk menghirup udara bebas. Karena dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak dan mengurangi rasa lelah.

Istirahat sebentar

Secara umum, banyak orang menggunakan tidur siang yang kuat, yaitu tidur siang singkat sekitar 10 hingga 20 menit. Bahkan untuk sesaat, ini juga efektif untuk menghilangkan rasa lelah dan bisa membuat Anda kembali berenergi.

Ada baiknya menggunakan alarm agar Anda tidak tidur terlalu jauh selama berjam-jam.

Makan camilan

Cara lain untuk tetap terjaga adalah dengan makan camilan. Tapi, usahakan makan camilan sehat seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, telur rebus, yogurt dan lain-lain.

Minum banyak air

Bekerja dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Hal ini dapat mengurangi fokus dan konsentrasi, membuat Anda merasa mengantuk dan malas.

Ada baiknya Anda bisa menjaga kadar air putih yang Anda minum agar tetap segar kembali.

Gunakan Wewangian

Bau yang kuat seperti deodoran ruangan dapat membuat indra, terutama penciuman, tetap terjaga. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga mengurangi risiko kantuk.

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, jeruk, mint, atau minyak lainnya. Ini akan membantu Anda tetap terjaga saat bekerja.

Semoga berhasil!

Terima kasih telah membaca Esports saya

Source link