Tips Jitu Bisnis Online di Instagram

Instagram memang sosial media yang sangat mendukung perkembangan bisnis online, karena memiliki banyak fitur yang mendukung kemajuan bisnis. Akun instagram memang bisa dibuat dengan mudah dan gratis, sehingga sangat menguntungkan untuk para pengguna. Untuk bisa sukses bisnis online memanfaatkan instagram, maka ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Tips Jitu Bisnis Online di Instagram

A. Kualitas Konten

Sahabat yang ingin memulai bisnis online menggunakan akun instagram, maka sahabat harus memiliki konten gambar atau video yang menarik. Untuk bisa menambah kualitas konten, maka sahabat bisa mengedit dulu konten sebelum di posting. Untuk pengeditan gambar biasanya menggunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw dan untuk edit video, sahabat bisa menggunakan Adobe Premiere Clip, FilmoraGo dan masih banyak yang lainnya.

Pengeditan juga bisa dilakukan dengan penambahan cahaya atau menambahkan berbagai efek, bahkan sahabat juga bisa menambahkan berbagai kata-kata pendukung. Semakin unik konten yang disajikan, maka akan semakin menarik juga untuk dilihat. Sesekali gunakan juga postingan slide dengan menggunakan beberapa gambar atau video.

B. Pakai Hashtag di Postingan

Hashtag atau tagar merupakan salah satu teknik yang bisa dipakai untuk menarik banyak pengunjung di postingan instagram dan tagar bisa dibuat dengan sangat mudah. Banyak sekali konsumen yang mencari produk di instagram memanfaatkan tagar di kolom pencarian dan cara ini dianggap tepat, karena tagar akan menunjukkan berbagai akun yang sesuai dengan pencarian.

Hashtag awalnya memang bisa dibuat banyak, namun sekarang sudah dibatasi oleh pihak instagram dan hashtag yang bisa dipakai hanya beberapa saja. Pembuatan hashtag juga harus disesuaikan dengan produk yang dijual, jangan asal memilih hashtag. Semakin tepat sahabat menerapkan hashtag, maka efektivitas akun instagram semakin baik.

C. Iklan Instagram Adsense

Instagram Adsense atau ads merupakan salah satu fitur iklan berbayar yang sedang populer di Indonesia, karena dianggap sangat efektif untuk promosi bisnis. Setelah instagram diakuisisi oleh facebook, maka instagrampun memiliki iklan berbayar. Sama halnya seperti facebook ads, biaya iklan yang ditawarkan sangat terjangkau dan biaya iklan bisa sesuai dengan keinginan.

Instagram ads dapat menjangkau audiens yang sangat luas, namun iklannya bisa tertarget dengan penerapan interest yang tepat. Intagram ads biasanya dimanfaatkan untuk mengumpulkan leads baru, meningkatkan traffic website, brand exposure dan meningkatkan jumlah pengikut akun instagram. Tutorial penggunaan instagram ads sudah banyak tersedia secara online, sehingga sahabat bisa memperoleh informasinya dengan mudah.

D. Posting Rutin dan Sajikan Promo

Untuk memaksimalkan akun instagram, maka sahabat harus melakukan posting konten secara rutin dan minimal satu hari 1 konten. Pada setiap postingan, jangan lupa tambahkan caption yang menarik dan unik, sehingga membuat para calon konsumen penasaran. Dengan posting rutin, maka bisnis online sahabat akan dianggap lebih profesional dan terpercaya.

Konsumen juga sangat menyukai berbagai promo atau diskon, sehingga sahabat harus memanfaatkan momen promo atau diskon untuk meningkatkan penjualan bisnis. Dengan menerapkan promo, maka akan tingkatkan kepercayaan dari konsumen dan hal ini bisa memicu adanya pembelian berikutnya dari konsumen yang sama. Promo bisa dijalankan di momen-momen tertentu seperti menjelang lebaran, akhir tahun, ulang tahun toko atau perusahaan dan menjelang hari raya nyepi.

Demikian ulasan singkat mengenai tips jitu bisnis online di instagram dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Comments are closed.