10 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Khas dan Terkenal

Tempat Wisata Kuliner Semarang

0 3,865

Ada banyak pilihan tempat wisata kuliner di Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Wisata kuliner sampai saat ini memang menjadi salah satu destinasi menarik yang banyak dicari pelancong. Sama halnya dengan wisatawan yang pergi ke Semarang.

Sebagai ibukota dari Jawa Tengah, tentu saja Semarang menyajikan banyak pilihan kuliner yang siap menggoyang lidah siapapun. Apalagi perpaduan cita rasa Arab, China dan Jawa yang tersaji dalam makanan khasnya, membuatnya sangat diminati wisatawan lokal maupun luar kota.

Rekomendasi Wisata Kuliner Semarang

Selain menyuguhkan wisata edukasi di Semarang, kota ini juga menghadirkan banyak pilihan tempat kuliner yang siap dinikmati siapa saja. Ingin tahu dimana saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

photo by google map

 

1. Waroeng Kaligarong

Setelah seharian berkeliling kota Semarang, tak ada salahnya jika Kalian mampir sebentar untuk mencicipi kuliner di Waroeng Kaligarong. Tempat kuliner ini terletak di Jalan D.I. Panjaitan Nomor 64 serta Jalan Majapahit Nomor 330 Ruko C dan D. Hanya berjarak sekitar 600 meter saja dari arah Simpang Lima.

Bagi pencinta bebek goreng, Kalian juga bisa mencicipinya di restoran ini. Karena salah satu menu utama resto ini ialah bebek goreng muda sambal mangga, dijamin membuat Kalian ketagihan. Selain itu, ada menu lainnya yang tersedia seperti tumis daun pepaya, tumis bunga kecombrang, ayam kaligarong sambal matah pedas, nasi bakar bunga kecombrang dan cumi hitam sambal mangga.

 

photo by google maps

 

2. Angkringan Gaul Ampiran 3

Tempat wisata kuliner Semarang lainnya yang banyak digandrungi kawula muda ialah Angkringan Gaul Ampiran 3. Sesuai namanya, warung angkringan ini menyajikan hidangan layaknya angkringan yang ada di tempat lain, mulai dari nasi kucing, aneka macam sate, dan gorengan.

Namun di sini menawarkan konsep yang agak berbeda dari angkringan lain, karena Kalian bisa menikmati live concert music dan free wifi di tempat ini. Jika penasaran, Kalian bisa langsung menuju lokasi kuliner ini di Jl. Durian Raya No.29C, Banyumanik, Semarang. Namun untuk sekarang sepertinya setelah di cek di google maps warung angkringan ini sudah tutup secara permanen.

 

Bebek Goreng Pak Thori
photo by google maps

3. Bebek Goreng Pak Thori

Masih untuk pencinta hidangan daging bebek, selain di Waroeng Kaligarong, Kalian juga bisa pergi ke Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, tepatnya di Bebek Goreng Pak Thpri. Di sini Kalian dapat menjumpai hidangan bebek terpopuler di kota Semarang. Beroperasi dari jam 08.30 pagi sampai jam 24.00. Di sini terkenal cita rasa bebek gorengnya yang begitu khas.

Tidak hanya itu saja, daging bebek yang diolah di resto ini sangat empuk dan bumbunya pun menyerap sampai ke tulang. Di sini, Kalian bisa memilih sambal sebagai pelengkapnya, yaitu sambal merah atau sambal ijo. Selain menawarkan hidangan bebek goreng yang bercita rasa lezat, Kalian juga tidak perlu menguras kantong untuk menikmati hidangan di resto ini.

4. Tower Café

Salah satu tempat kuliner sekaligus tempat wisata romantis di Semarang yang bisa Kalian kunjungi saat bersama pasangan ialah Tower Café. Kenapa disebut romantis? Karena saat malam hari, di tempat ini menghadirkan pemandangan yang begitu menawan. Saat pagi hari, Kalian juga bisa menyaksikan sinar mentari yang dilengkapi dengan keindahan hijaunya area persawahan yang siap menemani waktu Kalian.

Suasana romantis saat malam hari semakin lengkap dengan pemandangan cahaya yang gemerlapan dari pusat kota Semarang. Belum lagi, Kalian bisa menikmati merdunya alunan music nan syahdu yang disajikan di tempat ini. Selain menikmati makanan ringan, di sini Kalian juga akan dihidangkan makanan-makanan yang menyenangkan dengan harga terjangkau.

Untuk pergi ke tempat ini, langsung saja ke Jalan Banjarsari Selatan Nomor 49B, Tembalang, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

5. Kampung Laut Semarang

Tempat kuliner lainnya yang menyajikan spot menarik dan eksotis yang siap melepas penat Kalian ialah di Kampung Laut Semarang. Kampung Laut ialah sebuah resto di kawasan tepi laut. Dimana restoran ini didesain seperti kampong nelayan. Di sini terdapat rumah-rumah berbahan kayu dihubungkan oleh jembatan kayu, bahkan ada dermaga dan perahunya juga lho!

Untuk menu utamanya sendiri, tentu saja sangat cocok bagi Kalian pencinta makanan laut. Ada berbagai pilihan seafood, udang mayonnaise, gurame asam manis, ikan patin bakar bumbung, grilled salmon with tarragon sauce, dan masih banyak lagi menu yang lainnya.

Menariknya lagi nih, resto ini tak jauh lokasinya dari wisata Pantai Marina Semarang, tepatnya di Puri Maerokoco, Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang, Jawa Tengah.

6. Babat Gongso

Babat Gongso juga termasuk wisata kuliner terkenal yang ada di Semarang. Sesuai namanya, babat gongso terdiri dari potongan babat beserta jeroan lain,  paru, hati, dan limpa yang dimasak dari bumbu kecap kental sehingga membuat cita rasanya semakin istimewa.

Sebenarnya, Anda bisa menemukan kuliner ini dengan mudah karena memang banyak penjual yang menjajakan kuliner khas Semarang ini. Namun ada satu tempat kuliner yang paling populer menyajikan menu Babat Gongso adalah di Warung Pak Karmin di dekat Jembatan Berok, tepatnya di pusat kota Semarang atau di Jl. Aloon Aloon Bar .

7. Soto Bangkong

Soto Bangkong juga sudah sangat terkenal di Semarang, bahkan sudah ada beberapa cabang yang bisa Kalian kunjungi. Soto Bangkong memiliki ciri khas tersendiri, karena kuahnya yang bening kecokelatan diberi kecap manis. Selain itu, untuk sotonya sendiri terdiri dari campuran suwiran daging ayam, bihun, irisan tomat, bawang putih dan bawang  merah tabor, serta tauge.

Sajian kuliner Soto Bangkok bisa Kalian nikmati bersama nasi panas dengan pelengkap sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, tahu, perkedel, dan tempe. Adapun pusat soto bangkong ini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No.1, Semarang.

8. Nasi Pecel Mbok Sador

Siapa sih yang tak kenal objek wisata Semarang Lawang Sewu? Ya, kawasan wisata ini memang sudah sangat populer bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Bahkan Lawang Sewu sendiri sudah menjadi wisata ikonik khas Semarang. Nah, tak jauh dari tempat wisata ini, Kalian juga bisa mencicipi makanan khas Semarang yang populer yaitu di Nasi Pecel Mbok Sador.

Bagi Kalian pencinta nasi pecel, tentu jangan pernah lewatkan kuliner yang satu ini. Namun, pastikan Kalian harus tiba lebih awal ya jika tidak ingin mengantri terlalu lama di tempat ini. Untuk rasanya sendiri tentu sudah tak diragukan lagi, karena Nasi Pecel Mbok Sador sudah terkenal hingga puluhan tahun lamanya, mengingat cita rasa bumbu pecelnya sangat khas dan lumer di mulut.

Selain itu, menyantap kuliner di tempat ini juga tidak membuat kantong jebol, mengingat harganya sangat terjangkau mulai dari Rp.6000 saja, Kalian sudah bisa menikmati cita rasa nasi pecel yang khas. Jika penasaran, langsung saja datang ke Jalan Pahlawan Nomor 1A, Mugassari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah.

9. Mi Kopyok Pak Dhuwur

Jika Kalian bermalam di Semarang dan sedang mencari sarapan untuk melepas lapar, bisa mencoba kuliner Mi Kopyok atau Mie Lontong Pak Dhuwur. Kuliner yang satu ini berupa mie kuning dengan campuran tauge, gendar atau remah karak yang disiram kuah dari air bawang putih, kemudian ditaburi bawang goreng dan daun seledri yang ditambah kecap manis.

Mie Kopyok Pak Dhuwur merupakan tempat kuliner yang sangat terkenal, lokasinya berada di Jalan Tanjung tepatnya di belakang kantor PLN. Untuk mencicipinya, Kalian hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 7.000 saja per porsinya.

10. Wedang Tahu

Jika Kalian penasaran dengan yang namanya wedang tahu, Kalian bisa mencicipinya di Warung Wedang Cap Kaw King, tepatnya di Jalan Wat Gandhul, Semarang. Wedang tahu ini dibaut dari bahan susu kedelai dengan campuran agar-agar bubuk sehingga berbentuk kembang tahu.

Untuk kuahnya sendiri terdiri dari gula merah, jahe, dan rempah-rempah berupa kayu manis dan cengkeh yang menjadikan hidangan ini lebih nikmat apalagi jika disantap saat cuaca sedang dingin.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata kuliner Semarang yang terkenal dan beberapa ada yang dekat dengan tempat-tempat wisata terbaik di kota Semarang. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.