Teknologi Tidak Ramah Lingkungan dan Solusinya

0 64

Teknologi tidak ramah lingkungan – Sama seperti namanya teknologi ini tidak baik bagi kelestarian lingkungan. Anda mungkin pernah menemui berbagai pencemaran dan polusi yang ada di sekitar Anda. Misalnya saja sampah barang-barang yang terbuat dari plastik. Selain itu, ada juga asap limbah pabrik yang mencemari udara karena mengandung bahan-bahan kimia.

Sebenarnya, apa saja teknologi tidak ramah lingkungan yang ada di sekitar kita? Dan bagaimana solusi untuk mengurangi penggunaan teknologi tidak ramah lingkungan tersebut? simak penjelasan berikut ini.

Kantong plastik.

Anda mungkin tahu, bahwa beberapa kota besar di Indonesia, sebut saja Bogor, Banjarmasin, Balikpapan, Bali, dan sebagainya. Baru-baru ini Jakarta akan meresmikan pelarangan penggunaan kantong plastik pada awal bulan Juli 2020.

Meskipun begitu, aturan ini masih ada celanya, yaitu hanya diterapkan pada pasar modern, ritel, dan toko-toko perbelanjaan besar lainnya. Sedangkan untuk pasar tradisional dan warung, belum ada kebijakan tegas yang melarang penggunaan kantong plastik karena masih saja ada yang menggunakannya sebagai pembungkus.

Solusinya, Anda bisa menyediakan tas kantong yang ramah lingkungan, biasanya menggunakan kain yang dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang dan berkali-kali. Dalam hal ini, Anda juga bisa mendesain sendiri dengan belajar desain grafis pemula ataupun minta didesainkan.

Botol plastik.

Inilah salah satu teknologi tidak ramah lingkungan yang paling terkenal, botol plastik. Sampah jenis ini tidak bisa terdegradasi dengan alami. Jika pun terdegradasi, setidaknya ini membutuhkan waktu sekitar 500 sampai 1.000 tahun lamanya. Berapa generasi keluarga Anda kira-kira?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengurangi pencemaran lingkungan ini adalah dengan menyediakan sendiri botol plastik Anda, yang dapat digunakan untuk berulang-ulang. Salah satunya adalah dengan menggunakan kemasan yang tidak mengandung Bisphenol A (BPA) yang dapat mengganggu kesehatan jika digunakan terus-menerus, termasuk kanker prostat dan kanker payudara.

Anda juga bisa melakukan pemesanan terhadap botol pastik Anda dan mendapatkan botol minum berdesain Anda sendiri dengan desain grafis corel draw cantik yang Anda kehendaki.

Kemasan bahan makanan.

Semakin kecil kemasan, semakin tinggi pula biaya dan lebih banyak sampah kemasan yang terbuang. Daripada memilih kemasan kecil-kecil, sebaiknya Anda menggunakan pilihan kemasan yang besar. Misalnya, beberapa toko akan menyediakan layanan ambil sendiri menggunakan wadah pembungkus yang Anda miliki. Anda juga bisa membeli kacang-kacangan dalam bentuk eceran.

Untuk mengurangi kemasan plastik bahan makanan, Anda bisa menyediakan botol-botol kaca yang dapat dicuci secara rutin untuk menghindarkan dari kuman dan bakteri dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Buat desain kemasan Anda sendiri dengan belajar desain grafis otodidak.

Bahan bakar kendaraan.

Bahan bakar menjadi penyumbang pencemaran udara terbesar di dunia, baik itu solar atau bensin. Pencemaran yang terjadi akibat bahan bakar tidak ramah lingkungan adalah asap kendaraan bermotor yang mana sangat memberikan pengaruh besar pada pencemaran udara.

Solusi yang perlu dilakukan untuk mengurangi pencemaran bahan bakar adalah dengan selalu aktif dalam berinovasi pada teknologi canggih terbaru, dalam hal ini, teknologi biofuel. Meskipun masih langka penggunanya di Indonesia, namun pemerintah sudah merencanakan perubahan dengan cara mengatur kebijakan biodiesel di pasaran.

Cara lain untuk mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan ini adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ketika bepergian dan menggunakan kendaraan umum, atau bahkan sepeda dan berjalan kaki jika jarak yang Anda tuju sangatlah dekat.

Teknologi pembangkit listrik.

Listrik menjadi salah satu bagian energi yang paling dibutuhkan manusia, terutama mengingat perkembangan berbagai teknologi gadget yang semakin hari semakin berkembang ini. Tidak bisa dibayangkan betapa repotnya masyarakat jika ada pemadaman meskipun hanya beberapa jam saja.

Teknologi pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak bumi seperti batu bara dan diesel menjadi  salah satu jenis teknologi yang dianggap paling tidak ramah lingkungan dan menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Solusi pada teknologi pembangkit listrik ini adalah dengan memanfaatkan sumber daya ramah lingkungan yang ada seperti tenaga air, angin, dan sel surya.

Lampu medis.

Teknologi medis juga memiliki banyak peralatan yang menghasilkan limbah tak ramah lingkungan, misalnya saja pada perlengkapan operasi dan teknologi sistem ekskresi. Pada prosedur medis, lampu menjadi salah satu bagian penting yang menjadi penunjang keberlangsungan proses perawatan pasien. Penggunaan lampu tersebut berlangsung 24 jam. Hal ini tentu saja sifatnya energy wasting.

Solusi pada permasalahan ini adalah dengan menggunakan green lighting, yang mana dapat mengurangi penggunaan energi listrik dan juga mampu mengurangi emisi karbondioksida di atmosfir.

Fast Fashion.

Boomingnya fast fashion di kalangan pecinta fashion menjadi salah satu alasan penumpukan limbah pakaian. Kenapa fast fashion menjadi sangat digemari oleh orang-orang? Ini karena gaya hidup hedonisme yang selalu ingin tampil menarik, memiliki banyak items dalam wardrobe dengan harga terjangkau menjadi salah satu alasan produsen pakaian fast fashion laris menjual ratusan pieces yang diproduksi massal setiap harinya. Padahal, bahan untuk menghasilkan produk pakaian murah tersebut menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan.

Anda dapat mengurangi kecanduan fast fashion denggan cara perlahan-lahan beralih pada produk slow fashion. Selain itu, menggunakan baju bekas pakai dan kemudian mendesain ulang pakaian tersebut dengan cara menjadi desain grafis untuk pakaian Anda sendiri misalnya.

Tinta sablon.

Prospek kerja desain grafis dapat meningkat ketika kebutuhan masyarakat akan pakaian hasil desain mereka sendiri juga meningkat. Meskipun begitu, tinta sablon yang beredar di pasaran umumnya adalah produk yang tak ramah lingkungan.

Sablon manual khas screen printing dengan bahan tinta rubber dan plastisol dapat meninggalkan limbah yang tidak ramah lingkungan, karena meninggalkan residu kimiawi.
Solusi bagi Anda yang membuka bisnis atau pelatihan cara belajar desain grafis pada produk konveksi ini adalah dengan menggunakan teknologi DTG (Direct to Garment) yang menggunakan tinta dengan lebih sedikit dan menghasilkan residu yang minim.

Memang harga yang ditawarkan berkali lipat lebih mahal daripada dengan teknik screen printing, namun Anda yang mana pelaku zero waste pasti akan memilih opsi ini. Itulah beberapa produk dari hasil teknologi tidak ramah lingkungan, yang jika kita mau teliti lebih lanjut lagi, hampir semua barang yang ada di sekitar kita itu sangat mengancam keberlangsungan makhluk hidup lain, termasuk manusia itu sendiri, tumbuhan, binatang dan mikroorganisme hidup lainnya.

Memang tidak mudah dan juga murah, selain itu juga perlu jangka panjang yang menyeluruh untuk menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan di masyarakat secara luas, namun setidaknya kita dapat mencoba dengan hal-hal kecil terlebih dahulu.

Satu orang mungkin tidak memiliki perubahan yang signifikan, namun jika semua orang di dunia memiliki pikiran yang sama, menggunakan botol plastik hasil belajar cara membuat desain di photoshop misalnya, berapa milyar sampah botol plastik yang dapat kita kurangi?

Leave A Reply

Your email address will not be published.