39+ Tempat Wisata di Bandung Paling ngehits Untuk Liburan

rekomendasi wisata di bandung yang memang bagus untuk di kunjungi

0

Tempat wisata di Bandung – Bukan tanpa alasan jika Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki julukan sebagai kota kembang, oleh karena itu tidak heran jika memiliki tempat wisata yang menarik dan penuh keindahan. Letaknya yang dikelilingi pegunungan membuat kota Bandung memiliki hawa yang sejuk.

Contents show

Perpaduan antara wisata, edukasi, dan kuliner yang unik juga membuat banyak wisatawan ingin mengunjunginya. Tidak hanya wisatawan dari Indonesia saja melainkan dari Negara tetangga juga mengunjungi tempat tempat wisata di Kota Bandung.

Wisata yang disuguhkan juga bervariasi mulai dari wisata alam berupa air terjun , kebun flora dan fauna, taman mulai dari usia anak-anak hingga taman untuk lanjut usia atau lansia, hingga wisata dengan buatan sendiri. Anda memutuskan untuk liburan ke Bandung? Tapi bingung akan kemana? Simak rekomendasi tempat wisata di Bandung berikut ini!

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Akhir Tahun 2010

1. Dago Dreampark

rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

(Sumber : Instagram @dagodreampark)

Dago Dreampark merupakan salah satu destinasi rekomendasi tempat wisata di bandung yang dapat menjadi pilihan wisata pada saat liburan akhir tahun 2020. Dago Dreampark berlokasi di Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Konsep dari wisata ini adalah perpaduan antara bebagai suku yaitu Sunda, Bali,dan Jawa.

Para pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti Outbound, The Selfie Maze, Ride Adventure, dan lain sebagainya. Kurang lebih 29 wahana juga siap untuk menghibur wisatawan baik orang dewasa maupun anak-anak.

2. Rabbit Town

rabit town

(Sumber : Instagram @rabbittown.bdg)

Buat anda yang menyukai binatang kelinci, salah satu tempat wisata di bandung ini menjadi rekomendasi yang harus anda kunjungi. Rabbit Town berlokasi di Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Cidadap, Kabupaten Bandung. Konsep utama yang ditampilkan adalah hewan kelinci, termasuk dekorasi yang dibuat adalah berbagai macam kelinci lucu.

Bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata di bandung ini dan ingin membawa pulang hewan kelinci, anda dapat membelinya. Fasilitas yang disuguhkan kepada pengunjung adalah spot foto yang menarik dan beberapa wahana lainnya. Perpaduan antara kebun binatang, kuliner, dan fashion juga membuat wisatawan betah berlama-lama berada ditempat ini.

3. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang

(Sumber : Instagram @farmhouselembang)

Jika anda benar sedang merencanakan liburan ke wisata kota Bandung bersama keluarga, sahabat, dan pasangan anda, saat ini telah hadir wisata baru di Bandung yaitu Farm House Susu Lembang. Tempat wisata di bandung yang satu ini terletak di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Farm House Susu Lembang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Dago Dreampark.

Konsep yang diambil adalah perpaduan antara perkebunan dan peternakan seperti di Eropa. Walupun tergolong wisata baru, tetapi daya Tarik para wisatawan membuat tempat ini sebagai primadona baru. Selain itu, Farm House Susu Lembang juga ramai dibicarakan oleh khalayak umum di media social termasuk Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya.

4. Amazing Art World

Amazing Art World

(Sumber : Instagram @amazingartworld.bandung)

Berlibur merupakan salah satu aktivitas yang dapat melepaskan penat pada pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Jika anda ingin berlibur ke tempat wisata di Bandung kota yang bernuansa seni, maka Amazing Art World adalah salah satu pilihan tepat. Tempat wisata di bandung ini berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Sukasari, Kota Bandung.

Konsep yang disajikan berupa museum 3D dan karya dilukis dengan tiga dimensi pada dinding, sehingga menimbulkan efek seperti nyata. Aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat wisata ini adalah berfoto dengan menjadikan objek lukisan tiga dimensi sebagai background.

5. Bird and Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion

(Sumber : Instagram @bundayjam)

Berbagai rekomendasi tempat wisata di Bandung selain menyediakan destinasi bagi para wisatawan yang menyukai hewan kelinci juga menyediakan wisata bagi pecinta burung. Wisata ini dikenal dengan nama Bird and bromelia Pavilion, terletak di Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bird and bromelia Pavilion adalah salah satu wisata dalam kategori wisata alam Bandung berskala internasional.

Konsep yang ditonjolkan dari tempat wisata di bandung ini adalah mengarah pada interaksi dan edukasi yang terdapat lima zona yaitu (1) zona burung parkit (2) zona burung nuri (3) zona burung darat (4) zona ungags air (5) zona burung kicau. Jumlah total burung yang ada di Bird and bromelia Pavilion kurang lebih 600 ekor.

6. Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang Bandung

(Sumber : Instagram @puncakbintang_bandung)

Bagi anda yang ingin berlibur dengan pasangan bernuansa romantis dilengkapi dengan keindahan pemandangan, puncak bintang Bandung adalah salah satu solusi tempat wisata di bandung yang harus anda kunjungi. Pasalnya wisata ini terdapat pemandangan sunset dan suasana malam hari yang romantis.

Puncak bintang Bandung berlokasi di Cimenyan, Bandung. Konsep yang ditawarkan adalah berada di ketinggian 1400 mdpl, sehingga wisatawan dapat menikmati kota Bandung dari atas ketingggian.

Aktivitas yang dapat dilakukan pada saat berada di wisata ini adalah memandang landskap dan menikmati sunset, citylight kota Bandung dari puncak bintang, terdapat dermaga bintang, menyusuri hutan pinus, dan berkemah.

7. Tebing Keraton

tebing keraton

(Sumber : Instagram @keratontebing)

Rekomendasi tempat wisata di bandung selanjutnya adalah tebing keraton atau biasa disebut dengan bukit keraton adalah bukit terjal dengan situasi background gunung tangkuban perahu. Bagi anda yang menyukai selfie dan ingin mengabadikannya, wisata ini adalah pilihannya.

Wisata tebing keraton cocok jika berkunjung pada pagi hari, karena ada lautan kabut yang menambah keindahan alam. Wisata ini terletak tidak jauh dari hutan raya Juanda, tepatnya di Cimenyan, Bandung Barat.

8. Kampoeng Tulip

kampoeng tulip

(Sumber : Instagram @one_transport_travel_bandung)

Tidak hanya bagi pecinta hewan, tempat wisata di bandung ini juga akan digemari oleh pecinta tanaman. Wisata tanaman yang dimaksud adalah kampoeng tulip, wisata ini terletak di Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Bandung.

Konsep yang disajikan ala Belanda yang mendapat julukan negeri tulip. Berbagai bunga dan bangunan yang berada di area wisata kampoeng tulip juga dihias berdasarkan interior khas Belanda.

Wahana yang dapat dinikmati oleh wisatawan yaitu (1) berbagai tanaman warna-warni menghiasi area taman, sehingga para pengunjung tidak diperkenankan memakai alas kaki karena dikhawatirkan akan merusak tanaman dan bunga (2) spot foto utama yang dilengkapi dengan background kincir angin (3) galeri shabby chick  merupakan barang-barang unik mulai dari jam dinding hingga peralatan makan, wisatawan juga diperbolehkan untuk membelinya.

9. Curug Maribaya

(Sumber : Instagram @jelajahbandung)

Curug maribaya merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di bandung dengan nuansa alam dengan berbagai pemandangan indah bernuansa asri. Lokasi wisata ini berada di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Objek utama dari wisata curug maribaya adalah air terjun, namun wisatawan juga dapat menikmati lokasi lain seperti pemandian air panas, berbagai macam permainan ana-anak, serta dapat berkeliling di area Taman Hutan Raya.

Jumlah air terjun yang ada sebanyak tiga, namun hanya diperbolehkan berenang dilokasi Curug Cikawari. Dua air terjun lainnya tidak diperkenankan untuk berenang.

10. Kawasan Punclut

(Sumber : Instagram @itto.widiatmadja)

Apakah anda sudah merencanakan liburan akhir tahun 2020? Refresing sangat dibutuhkan untuk menghindari stress. Sebagai referensi untuk berlibur, anda dapat mencoba mengunjungi salah satu tempat wisata di bandung di kawasan Punclut.

Punclut singkatan dari Puncak Ciumbuleuit yang berlokasi di Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung Barat. Saat ini wisata Punclut tidak hanya menyediakan bagi para wisata penikmat kuliner, melainkan dapat menikmati pengalaman liburan lainnya. Berikut beberapa tempat wisata di bandung yang termasuk dalam kawasan Punclut:

a. D’Dieuland

Anda suka makan sambal bersantai? D’Dieuland menjadi solusinya, karena tempat ini menyediakan tempat yang unik yaitu ayunan bundar, trampoline, dan lain sebagainya.

b. Angkringan De BlankON

Ditinjau dari segi nama, angkringan merupakan konsep yang diambil dari angkrinan Yogyakarta. Angkringan De BlankON juga menyediakan makanan ringan seperti pada angkringan pada umumnya yaitu sate telur puyuh, sate ati ampela, sate kulit, sate usus, dan lain sebagainya.

c. Cakrawala Nature Sparkling Restaurant

Anda ingin makan sambil bersantai dengan suasana berbeda? Cobalah berkunjung ke wisata Cakrawala Nature Sparkling Restaurant. Yang membuat menarik dari wisata ini yaitu terdapat ruangan yang atapnya menampilkan berbagai gugusan bintang berganti-ganti , ruangan ini disebut dengan Galaxy.

d. Tasfo Barn

Yang suka dengan pemandangan alam, wisata Tasfo Barn menjadi rekomendasi tempat wisata di Bandung. Harapan dari pendiri wisata ini yaitu untuk refresing bagi para pengunjung. Ciri khas dari Tasfo Barn berbentuk hamparan rumput, tenda berbentuk sarang burung, serta berbagai meja pada pesta kebun.

e. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

Bagi para pecinta kopi, setelah makan enaknya langsung ditutup dengan kopi. Pengunjung jangan lewatkan untuk mampir ke Lereng Anteng Panoramic Coffee Place, karena tempat ini tenang banget.

11. Alun-alun Kota Bandung

(Sumber : Wikipedia)

Alun-alun kota Bandung merupakan hamparan tanah yang luas atau biasa disebut dengan RTH (Ruang Terbuka Hijau) berada dipusat kota Bandung. Biaya masuk yang gratis menjadi alun alun kota bandung menjadi salah satu tempat wisata di bandung yang cocok buat nongkrong bersama keluarga, teman, ataupun pasangan tanpa membuat kantong jebol. Dimanakah lokasi dari alun-alun kota Bandung? Alun-alun kota Bandung berada di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung.

12. Curug Cimahi

(Sumber : Wikipedia)

Curug merupakan nama lain dari air terjun. Air terjun di Bandung cukup mudah untuk dijangkau. Curug Cimahi terletak di Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Ketinggian air terjud di Cimahi mencapai 87 meter dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di kota Bandung. Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir diatasnya. Beberapa warung milik warga sekitar juga memfasilitasi wisata curug Cimahi bagi yang ingin sambil berkuliner.

13. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

(Sumber : Wikipedia)

Taman huran raya Ir. H. Djuanda merupakan perpaduan antara alam sekunder dengan hutan bernuansa tanaman pinus yang terterletak di Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Wisata ini sering disebut dengan Tahura Djuanda, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan adalah sebagai berikut:

a. Gua Belanda

Bagi anda yang suka berwisata di tempat yang bersejarah, gua Belanda adalah salah satu tempat yang recommended. Gua ini kurang lebih berumur 111 tahun. Pada saat pengunjung memasuki kawasan gua Belanda, hawa dingin berbeda mulai terasa.

b. Gua Jepang

Kurang lebih 300 mater tidak jauh dari gua Belanda anda dapat menemukan gua Jepang dengan empat pintu masuk gua dan terdapat dua lubang penjagaan. Beberapa sejarah mengatakan bahwa gua Jepang dibangun atas dasar kerja paksa. Sehingga berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai serangan sekutu. Apabila dibandingkan dengan gua Bealanda, gua Jepang lebih pengap dan lebih gelap.

14. Taman Lalu Lintas

(Sumber : Instagram @tamanlalulintasbandung)

Bagi anda yang ingin liburan ke kota Bandung. Namun tidak ingin mengeluarkan banyak uang, taman lalu lintas adalah solusinya. Tempat wisata di bandung ini terletak Jl. Belitung No.2A, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung, biasanya letak taman ini sering disebut dengan jantung kota. Selain menyediakan wisata juga digunakan untuk pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas.

15. Taman Balai Kota Bandung

(Sumber : Wikipedia)

Pergi ke tempat wisata di bandung tak melulu mesti bayar, bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun 2020, anda dapat mengunjungi taman balai kota Bandung secara gratis. Lokasi taman balai kota Bandung terletak di Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung. Wisata ini terdapat patung tokoh pendidikan yang bernama Dewi Sartika, bangunan ini termasuk kategori bangunan tertua di Kota Bandung. Dulunya taman balai Kota Bandung tiidak diminati, berbeda dengan sekarang yang ramai pengunjung.

16. Taman Braga

(Sumber : Instagram @rawk_a)

Taman Braga berada di sekitar Naripan, Bandung. Lebih tepatnya berada di Jl. Naripan No.12, Braga, Sumur Bandung, Bandung. Taman ini dapat menjadikan Pelepas penat anda ketika perjalanan. Hingga saat ini taman Braga memiliki atmosfer tempo dulu. Tidak hanya ditujukan kepada orang dewasa, melainkan taman Braga juga cocok untuk anak-anak.

17. Kebun Binatang Bandung

(Sumber : Instagram @kebunbinatangbandung_official)

Rekomendasi tempat wisata di Bandung selanjutnya adalah kebun binatang Bandung. Bagi anda yang yang ingin berlibur di akhir tahun 2020 sekaligus ingin belajar, kebun binatang adalah pilihan yang tepat.

Konsep yang diterapkan yaitu menyediakan berbagai macam flora dan fauna. Kurang lebih ada 800 organisme dari berbagai kelas diantaranya reptile, aves, ikan, dan mamalia.

Awal mulanya kebun binatang Bandung dikenal dengan sebutan Derenten yang berasal dari Bahasa sunda yang memiliki arti kebun binatang. Wisata ini berlokasi di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Coblong, Bandung. Beberapa aktivitas atau spot yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke kebun binatang Bandung yaitu sebagai berikut:

a. Wisata Edukasi

Wisata yang menyediakan unsur edukasi perlu dilestarikan, beberapa wahana yang ada di kebun binatang Bandung berfungsi untuk menjaga kelestarian berbagai macam flora dan fauna, menambah wawasan mengenai flora dan fauna, serta untuk mengenalkan budaya.

b. Pagelaran Budaya

Terdapat atraksi budaya tradisional Sunda bertujuan untuk mengenalkan kepada pengunjung, seperti pertunjukan angklung. Wisata kebun binatang Bandung sangat cocok apabila anda mengajak buah hati anda, karena akan memperkenalkan salah satu jenis budaya yang ada di Tanah Air.

c. Mengamati Jenis Fauna

Kebun binatang Bandung menyediakan berbagai jenis hewan yang terdapat deskripsi pada tiap-tiap kandang fauna. Untuk mencegah punahnya fauna, wisata ini melindungi hewan singa, gajah Sumatera, beruang madu, serta burung koak biru.

d. Teater Satwa Kebun Binatang Bandung

Bagi anda yang menyukai berbagai jenis teater satwa, anda dapat berkunjung ke tempat wisata kebun bianatang Bandung. Apalagi apabila anda mengajak sang buah hati akan tertarik dan merasa terhibur dengan adanya teater dari burung kakak tua dan anjing berjenis poodle.

e. Wahana Perahu

Kebun binatang Bandung menawarkan spot secara gratis, yaitu naik perahu. Aktivitas ini juga cocok banget buat anak-anak sebagai hiburan, karena menumpangi perahu adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan.

f. Berfoto Bersama Badut Karakter

Ada berbagai macam karakter yang disediakan oleh kebun binatang Bandung yaitu karakter Frozen, Ekla, Doraemon, dan lain sebagainya. Dari berbagai karakter itulah para pengunjung dapat foto bersamanya.

g. Menunggangi Satwa Kebun Binatang Bandung

Kebun binatang Bandung terdapat hewan yang jinak, sehingga dapat ditunggangi dan memberikan pengalaman terbaik. Biasanya anak-anak penasaran dengan bagaimana rasa menunggangi hewan.  Hewan jinak tersebut yaitu kuda dan gajah. Aktivitas menunggangi hewan akan dipandu oleh petugas kebun binatang agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

18. Bukit Moko

(Sumber : Instagram @bukitmoko)

Bukit moko merupakan salah satu Tempat wisata di Bandung terbaru yang membuat para wisatawan tertarik untuk mendatanginya. Wisata ini sudah dikenal oleh khalayak umum dengan sebutan baru yaitu bukit bintang Bandung. Bukit moko terletak di Cimenyan, Bandung.

Konsep yang disajikan adalah banyak pohon pinus yang menjadi daya tarik sebagai spot foto maupun selfie. Keindahan wisata bukit moko akan terlihat lebih menarik apabila dinikmati pada malam hari. Berikut ini beberapa wahana dan aktivitas yang dapat anda lakukan ketika berwisata ke Bukit Moko:

a. Jalur Hiking

Lokasi yang berada di ketinggian, membuat para wisatawan harus mendaki sejauh 2 kilometer. Rindangnya pohon pinus membuat sensasi seru ketika di tengah perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Bukit Moko kurang lebih 40 menit.

b. Hutan Pinus

Bukit Moko tak dapat dipisahkan oleh adanya pohon pinus. Oleh sebab itu, Bukit Moko menjadi primadona bagi wisatawan yang hendak berfoto. Selain itu, tidak sedikit pengantin yang ingin mengabadikan momen bersama pasangannya di Bukit Moko.

c. Sunset

Para wisatawan yang pernah berkunjung ke Bukit Moko menyarankan untuk datang pada pukul 17.00 hingga 19.00, karena waktu tersebut anda dapat menyaksikan betapa indahnya sunset yang menyelinap diantara pepohonan pinus.

d. Warung Daweung

Area Bukit Moko terdapat warung yang lebih istimewa jika dibandingkan warung lainnya, yaitu Warung Daweung. Warung Daweung terletak di tempat yang strategis untuk menikmati indahnya kota Bandung.

e. Camping

Keindahan Bukit Moko membuat para wisatawan berniat untuk camping. Namun, bagi wisatawan yang ingin camping harus membawa perlengkapan sendiri arena Bukit Moko belum menyediakan.

19. Dusun Bambu

(Sumber : Instagram @vivilieyandaa)

Dusun Bambu Lembang merupakan sebuah  wisata alam di Bandung yang sangat ampuh untuk menenangkan hati fikiran serta menyegarkan otak dan salah satu alternatif tempat wisata di Bandung yang murah dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

Harga tiket Rp 20.000,00 per orang, buka pukul 09.00 – 21.00 WIB di hari biasa dan Rp 25.000,00 per orang, buka pukul 08.00 – 23.00 WIB di hari libur. Yang terletak di Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Wilayah dusun ini luas dan terdapat berbagai macam spot menarik dimana di spot – spot tersebut berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan oleh pengunjung.

20. Kebun Begonia

(Sumber : Instagram @kebunbegonia)

Kebun Begonia adalah salah satu destinasi tempat wisata di bandung yang bernuansa alam. Konsep yang disuguhkan adalah berbagai jenis tanaman hias, sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Bunga yang berasal dari Bali bernama Balinea menjadi primadona di tempat wisata ini. Kebun Begonia terletak di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Bandung Barat.

Wahana yang dapat anda nikmati di Kebun ini yaitu (1) gerbang Begonia yang terdapat tulisan “welcome to Kebun Begonia Lembang” untuk menyambut para wisatawan (2) menikmati hamparan bunga yang terdapat jalan setapak untuk menyusuri (3) bunga cinta sebagi spot foto favorit bagi para pengunjung (4) sayur dan buah segar yang dapat dibeli di tempat wisata Kebun Begonia (5) mobil bunga yang unik karena mobil ditumbuhi berbagai jenis bunga (6) memberi makan kelinci disuguhkan bagi anak-anak dan yang menjadi seru adalah dipinjami topi ala petani (7) berkuda di Kebun Begonia Lembang (8) wahana permainan outbond (9) kontes foto (10) belanja souvenir.

21. Forest Walk Babakan Siliwangi

(Sumber : Instagram @megantarapatra)

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang tidak kalah menarik dengan wisata lainnya adalah Forest Walk Babakan Siliwangi. Wisata ini berdekatan dengan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung. Tepatnya berlokasi di Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Konsep yang disuguhkan berupa hutan kota. Aktivitas yang dapat anda lakukan di Hutan Kota ini antara lain:

a. Berolahraga

Pohon yang rindang membuat suasana hutan kota menjadi sejuk, tempat yang romantis membuat anda lebih nyaman jika berolahraga dengan pasangan anda. Fungsi utama hutan kota ini adalah untuk membuat masyarakat kota Bndung tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga. Namun, tak sedikit yang menjadikan hutan kota ini menjadi tempat wisata di bandung.

b. Spot foto

Keunikan yang terdapat di hutan kota adalah adanya jembatan yang berfungsi sebagai arena berjalan memiliki desain yang unik. Foto yang dibuat secara selfie maupun tidak hasilnya akan menimbulkan backlight yang bagus.

c. Bersantai

Para wisatawan yang berkunjung ke Forrest Walk direkomendasikan untuk menikmati kesegaran udara lantaran pepohanan yang rindang. Keseimbangan udara diperkotaan sudah terkontaminasi oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain sebagainya. Sehinggga hutan kota sangat brfungsi untuk menjaga kesimbangan udara.

d. Wisata Kuliner

Bagi anda yang suka dengan jajanan Bandung seperi batagor, baso tahu, dan tahu sumedang. Tempat inilah menjadi salah satu solusinya jika anda ingin berolahraga, bersantai, hingga kuliner jajanan khas Bandung.

22. Upside Down World Bandung

(Sumber : Instagram @upsidedownworldbandung)

Anda ingin berlibur namun tidak ingin meninggalkan konsep seakan tetap di Rumah? Inilah solusinya. Upside Down World Bandung dibuka pertama kali pada tanggal 10 Oktober 2016. Segala furniture yang berada di wisata ini dibuat secara terbalik dari pada kondisi aslinya.

Konsep dengan terbaliknya suatu ruangan menjadi hal yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungi Upside Down World Bandung. Tempat ini berlokasi di Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Furnitur yang Upside Down World Bandung terdapat beberapa ruangan diantaranya kamar tidur anak, ruang keluarga, dapur, dan lain sebagainya. Harapan kepada pengunjung lebih baik membaawa kamera ter

23. Orchid Forest Cikole

Tempat Wisata di Bandung

(Sumber : Instagram @orchidforestcikole)

Bagi anda pecinta tanaman anggrek, Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata yang cocok. tempat wisata di bandung ini menyajikan taman anggrek berkelas nasional dan merupakan taman terluas yang menanam anggrek.

Konsep yang disediakan adalah menanam berbagai jenis dari tanaman anggrek. Luas tanah yang digunakan seluas kurang lebih 12 hektar dengan 157 jenis tanaman anggrek yang dikembangbiakkan.

Metode yang digunakan mulai dari skala nasional hingga internasional. Bunga anggrek yang ditanam juga tidak dari Indonesia saja melainkan dari Filipina, Argentina, dan lain sebagainya. Wisata ini beralamat di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

24. Saung Angklung Udjo

(Sumber : Wikipedia)

SAU merupakan singkatan dari Saung Angklung Udjo yang merupakan tempat pertunjukan , pusat salah satu kerajinan tangan dari bamboo yang berasal dari Bandung, serta menyediakan workshop berupa instrumen music yang terbuat dari bamboo

Salah satu tujuan dari adanya tempat Saung Angklung Udjo (SAU) adalah untuk tetap mempertahankan dan mempublikasikan kebudayaan yang berasal dari Sunda terutama angklung. Tempat wisata di bandung ini didirikan sejak 1996 oleh orang yang bernama Udjo Ngalagena.

Konsep yang disuguhkan yaitu tempat yang dikelilingi pohon bamboo membuat suasana wisata Saung Angklung Udjo (SAU) menjadi segar. Wisata ini berlokasi Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

25. The Great Asia Africa

(Sumber : Instagram @thegreatasiaafrica.id)

Bagi anda yang ingin berlibur akhir tahun 2020 dan menyukai tempat wisata di bandung yang unik, The Great Asia Africa adalah solusinya. Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

The Great Asia Africa tidak hanya cocok bagi orang dewasa, melainkan mulai dari anak-anak, remaja, hingga tua. Aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini adalah berkuliner, spot foto, dan permainan yang mewakili dari 10 negara.

The Great Asia Africa berada di dataran tinggi daerah pegunungan, oleh karena itu berlibur ke tempat wisata di bandung yang satu ini dapat menikmati suasana tenang, sejuk, dan nyaman. Arsitektur berupa miniatur kampung yang menjadi ciri khah negeri di Asia Afrika menjadikan tempat ini sangat direkomendasikan.

26. Kampung Wisata Sang Balong Pasir Kunci

(Sumber : Instagram @guntur_ren)

Tempat wisat di bandung selanjutnya yaitu Kampung wisata sang balong pasir kunci merupakan salah satu wisata yang terletak di kawasan Gunung Manglayang. Keindahan alam yang masih menarik membuat para pelancong tertarik untuk mengunjunginya.

Konsep berupa keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Spot foto yang menjadikan Gunung Manglayang sebagai background juga telah mengambil hati para wisatawan.

Fasilitas yang dapat anda nikmati dari berkunjung ke Kampung wisata sang balong pasir kunci adalah saung yang menyediakan berbagai makanan khas Sunda serta dapat menikmati atraksi calung. tempat wisata di bandung ini berlokasi di Pasir Kunci, Cipanjalu, Cilengkrang, Cipanjalu, Kec. Cilengkrang, Bandung.

27. Curug Cilengkrang

(Sumber : Instagram @kuninganendah)

Curug Cilengkrang adalah salah satu obyek tempat wisata di bandung yang mempesona dengan keindahal alam terutana keindahan pada air terjunnya. Alamat wisata ini berada di Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Bandung. Ada beberapa hal yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Yaitu:

  1. Wisata Instagrammable

Bagi anda yang menyukai fotografi, background pemandangan alam berupa air terjun akan mendapatkan spot yang menarik.

  1. Melihat Satwa Liar

Disepanjang tebing yang dilewati menuju lokasi air terjun terdapat hewan liar seperti lutung dan monyet.

  1. Menikmati Alam

Pengunjung yang setiap harinya tinggal di daerah perkotaan akan merasa tenang ketika berlibur ke Curug Cilengkrang. Selain itu, dinginnya air terjun dan udara yang segar juga membuat pengunjung enggak menginggalkan tempat wisata di bandung ini.

  1. Berenang

Selain anda dapat menikmati situasi alam juga dapat berenang, air yang dingin membuatnya sama dengan kolam renang lainnya di Kota Bandung.

28. Warung Cartil The Tita Keyzsa

Cartil merupakan singkatan dari Caringin Tilu yang berlokasi di Bandung Timur. Caringin tidak kalah menarik dengan tempat wisata di Bandung yang lainnya. Lebih tepatnya terletak di Jl. Padasuka Atas, Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung.

Suasana yang jauh dari keramaian kota, membuat menjadi sasaran para wisatawan untuk menenangkan diri terutama untuk relaksasi, menyegarkan tubuh, dan refresing. Caringan Tilu atau biasa disebut dengan Cartil sangan cocok apabila andda berlibur bersama keluarga.

29. Kampung Wisata Augmentedreality Dago Pojok Tanggulan

Rekomendasi tempat wisata di bandung berikutnya adalah kampung dago, Kampung Dago pojok merupakan salah satu wisata yang membuktikan bahwa masyarakat Bandung orang-orang yang kreatif. Awalnya masyarakat sekitar Bandung ingin untuk maju dengan cara saling bergotong royong.

Alamat tempat wisata di bandung ini .berlokasi di Jl. Dago Pojok No.95, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Anda yang berkunjung ke wisata ini akan dia ajak untuk asah kreativitas termasuk proses pembuatan karya dan kesenian warga setempat.

Biaya masuk kampung Dago pojok tidak dikenakan biaya alias tanpa bayar. Jadi para pengunjung bebas menikmati keindahan karya yang dihasilkan oleh masyarakat Kampung Dago Pojok. Ditambah kuliner nasi liwet akan membuat pengunjung semakin betah.

30. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat mungkin terdengar asing anda. Namun jangan salah sangka, tempat wisata di bandung ini memiliki area yang cukup luas. Anda dapat menikmati aktivitas berupa wisata air terjun, camping, dan outbond.

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Menurut pengelola air terjun wisata ini tidak hanya ditujukan sebagai tempat wisata, namun juga memiliki nilai edukasi.

Luas area Curug Tilu Leuwi Opat kurang lebih 5 hektar yang dilengkapi dengan hijaunya pepohonan menambah suasana sejuk dan asri. Wisata ini juga terdapat air yang jernih sehingga ketika para wisata membasahi dirinya dengan air tersebut akan membuatnya merasa segar.

31. Jendela Alam

Apakah anda ingin berwisata bersama sang buah hati di akhir tahun 2020 namun ingin sambil belajar? Nah, wisata edukasi yang bernama jendela alam merupakan salah satu solusinya. Konsep dari wisata jendela alam adalah edukasi yang masih sangat kental, sehingga tidak heran apabila tempat wisata di bandung yang satu ini masih menjadi destinasi edukasi berbagai sekolah.

Jendela  alam berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri No.KM, RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan ketika berada di tempat wisata ini, yaitu:

  1. Tour Alam

Dalam kegiatan tour peserta diajak untuk mengelilingi area dengan disertai pemandu wisata. Pemandu wisata akan menjelaskan sesuatu yang ditemui pada saat berkeliling.

  1. Berkebun

Berkebun yang diajarkan yaitu denggan system konvensional, mulai dari memperkenalkan alat berkebun, cara menggunakan alat berkebun, dan lain sebagainya.

  1. Berburu Harta Karun

Wisatawan yang mengunjungi jendela alam akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan harus mengikuti berbagai petunjuk-petunjuk yang akan disediakan oleh pemandu wisata. Kegiatan ini sangat asik karena akan membantu melatih skill mapping, memecahkan masalah, dan bekerjasama dengan tim.

  1. Panen Tomat

Kegiatan panen tomat peserta dapat memetik tomat yang kuning ataupun merah di Kebun tomat. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dijelaskan tentang kandungan gizi, cara menanam, dan lain sebagainya.

  1. Panen Telur

Melalui kegiatan panen telur, sang buah hati anda akan diperkenalkan ttenttang sal telur dari mana dan edukasi menarik lainnya tenttang ayam. Masih banyak kegiatan lainnya yang dapat anda dan buah hati anda lakukan ketika di wisata jendela alam.

32. Museum Mainan

Museum mainan merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di bandung yang paling digemari para pecinta dan kolektor mainan. Konsep yang disajikan yaitu terdapat berbagai macam etalase yang berfung sebagai tempat menjual koleksi.

Museum mainan berlokasi di Jl. Sunda No.39, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Awal mulanya meseum mainan berawal dari pemikiran seseorang mengenai belum adanya tempat mengenai barang-barang tentang mainan.

Saat ini di Museum mainan terdapat kurang lebih 300 mainan yang berasal dari Jepang dan Amerika. Semua mainan yang terdapat di wisata ini adalah koleksi dari owner. Banyak juga mainan Amerika yang sudah langka namun di Museum mainan ini masih memilikinya.

33. Floating Market Lembang

Floating Market merupakan wisata terpadu yang berlokasi di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. tempat wisata di bandung yang satu ini termasuk destinasi yang popular dan favorit bagi wisatawan yang melakukan liburan ke Bandung.

Ada beberapa hal yang membuat Floating Market Lembang menjadi tempat yang mempesona yaitu

  • Tempat wisata alam yang termasuk dalam kategori indah
  • Salah satu tempat wisata di bandung Lembang yang unik
  • Salah satu tempat wisata kuliner di Lembang yang asyik
  • Salah satu wisata keluarga dan anak yang berada di Lembang terlengkap
  • Terdapat kolam renang terbaik di Lembang (terdapat tempat wisata berbelanja di Lembang Bandung.

34. Trans Studio Bandung

Bagi anda yang ingin berwisata ke Bandung dengan tempat terlengkap adalah Trans studio Bandung. Tempat wisata di bandung yang menerapkan wisata terpadu dibangun pada area kurang lebih 4,2 hektar dan investasi mencapai kurang lebih Rp 2 triliun.

Trans studio Bandung mulai dibuka sejak 2009 yang menyediakan berbagai wahana petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang. Target dari wisata ini adalah tidak hanya wisatawan domestik namun wisatawan asing dari berbagai negara tetangga terdekat.

Wahana yang terdapat di Trans studio Bandung yaitu studio central, the lost city, magic corner, more, negeri raksasa, dunia lain, dan lain sebagainya. Wisata ini berlokasi di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Batununggal, Bandung.

35. De’ Ranch

De’ Ranch merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di bandung yang popular yang terletak tidak jauh dari pusat kota Lembang. Tepatnya berlokasi di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Konsep yang disuguhkan adalah western atau cowboy. Para pengunjung dapat menikmati permainan menunggangi kuda, berfoto dengan kostum koboy yang disediakan oleh De’ Ranch mengelilingi area dengan kuda, dan permainan yang lainnya.

Beberapa permainan yang disuguhkan akan memberikan suasana segar bagi angggota keluarga anda terutama memberikan kesenangan pada buah hati anda.  Konsep yang berbeda dari tempat wisata di bandung tersebut akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.

36. Taman Sejarah Bandung

Rekomendasi tempat wisata di bandung yang berbau edukasi merupakan wisata yang sangat bermanfaat, karena selain untuk refresingg juga berfungsi untuk menambah wawasan. Taman sejarah Bandung merupakan taman yang berupa tematik terbaru di kota Bandung.

Bagi penggemar selfie atau instagenic wisata taman sejarah Bandung sangat cocok. Suasana yang rimbun dengan berbagai pepohonan embuat udara sekitar wisata ini sejuk.

Luas tanah yang digunakan untuk membangun taman sejarah ini kurang lebih memiliki luas 2000 meter persegi. Lokasi wisata ini terletak di Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

37. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum konferensi Asia Afrika adalah salah satu tempat wisata di bandung yang sesuai buat anda yang ingin berwisata sekaligus beredukasi. Tempat wisata di bandung ini berlokasi di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Konsep yang disuguhkan adalah edukasi tentang sejarah. Awal mulanya museum konferensi Asia Afrika dibangun karena banyak kepala negara yang menginginkan untuk melihat serta mengunjungi tempat lahirnya Deklarasi Dasasila Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika terdapat bangunan bersejarah di dalamnya yang dibuat oleh 2 orang yaitu Van Galenlast dan C.O Wolf Shoomaker. Saat ini museum konferensi Asia Afrika selain berfungsi sebagai tempat wisata juga sebagai pengenalan seni kepada para pengunjung.

38. Fairy Garden By The Lodge

Fairy Garden By The Lodge merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Bandung yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan anda. Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Konsep yang disuguhkan adalah adalah negeri dongeng akan lebih memanjakan dengan berbagai wahana yang menarik. Fairy garden lebih difokuskan kepada anak-anak dan the lodge difokuskan kepada orang dewasa.

Wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung fairy garden the lodge yaitu disambutnya oleh pemandu wisata yang berpakaian seperti peri negeri dongeng, drama musical, parade kostum, dan lain sebagainya.

Wahana dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan yaitu art factory, florania, lola’s library, wood land,gopher maze, resto fairy garden, lokasi fairy garden, dan lain sebagainya.

39. Taman Lansia

Bagi anda yang sudah lanjut usia atau keluarga anda sudah lanjut usia, alangkah baiknya anda memutuskan untuk berlibur. Salah satu destinasi tempat wisata di bandung yang sesuai bagi para orang lanjut usia adalah taman lansia.

Taman lansia merupakan salah satu taman yang berada di Citaru, lebih tepatnya berlokasi di Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Taman ini selain untuk para lansia juga berfungsi untuk mengurangi banjir.

Awal mulanya taman lansia bernama taman Cisangjuy. Setelah berjalannya waktu yang berkunjung adalah orang lanjut usia, sehingga diganti nama dengan taman lansia. Taman ini bermanfaat sekali apabila ada lansia yang memiliki gangguan sirkulasi darah.

40. Curug Dago

Rekomendasi tempat wisata di bandung yang terakhir yaitu Curug dago yang merupakan salah satu wisata air terjun terletak di Bandung yang termasuk dalam kategori ar terjun terbilang kecil. Ketinggian juga hanya kurang lebih 12 meter.

Suara air yang riuh dan alam yang masih asri membuat para wisatawan ingin berlama-lama berada di tempat Curug dago. Wisata ini berlokasi di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Saat mengunjungi curug dago anda akan menjumpai dua pondoh merah yang bersejarah dan keberadaannya sudah ratusan tahun silam. Pondok yang pertama terdapat batu prasasti Raja Chulalongkorn dan pondok yang kedua terdapat prasati milik Raja Prajadhipok.

Gimana sudah banyak referensi Rekomendasi tempat Wisata di Bandung bukan setelah membaca artikel di atas, karna sekarang kita dalam masa pandemi covid19, selalu gunakan masker saat bepergian, dan selalu cuci tangan, selamat berlibur dan selalu berfikir positif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.