Prosedur Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Sudah Lama dan Frustasi

Saya sudah lama menjadi pelanggan platinum Shopee, lebih dari 4 tahun. Saat ini saya sangat kecewa dan merasa kecewa dengan toko Shopee dan pvnShop (PVN Official Shop/Shopee Mall). Saya awalnya melakukan pembelian 3 pasang sepatu di toko ini pada tanggal 10 April 2022 dengan nomor pesanan: 2204107W2WB86B.

Sebelum melakukan pemesanan (keluar pembayaran), saya telah membaca deskripsi dan bertanya kepada administrator toko saat ini hidup, untuk ukuran kaki 23 cm, ukuran sepatunya berapa? admin hidup ada tertulis ukuran 38. Di deskripsi produk disebutkan bahwa produk bisa dikembalikan jika tidak sesuai (refund). Karena saya percaya pada admin, jadi saya memesan sepatu ukuran 38.

Masalah muncul ketika saya menerima produk pada 12 April 2022. Saya melakukannya buka kotak videonya bungkus dan coba produk sepatu yang ternyata salah ukuran (23 cm). Jadi saya membuat keluhan produk melalui mengobrol di aplikasi Shopee dan dijawab untuk pengembalian/pengembalian dana.

Saya kemudian langsung bergegas mengembalikan barang melalui ekspedisi J&T Express yang bekerja sama dengan Shopee. Beberapa hari kemudian, tertulis status di aplikasi Shopee bahwa produk yang dikembalikan telah diterima oleh staf gudang/gudang Shopee dan Dodi.

Pada 22 April 2022, saya mengobrol ke CS Shopee menanyakan status refund saya dan sudah diterima oleh CS Bianca. Oleh CS saya diminta menunggu maksimal 5 hari kerja.

Pada 23 April 2022, saya mengobrol ke CS Shopee yang meminta status refund saya. Disampaikan oleh CS Kitin diminta menunggu 1×24 jam, karena akan dibuatkan laporan ke departemen terkait. Prosesnya memakan waktu 3-5 hari kerja untuk diproses dan dikatakan sampai saat itu proses tidak memiliki masalah/masalah. Saya katakan jika produk diterima pada tanggal 14 April 2022 berarti 5 hari kerja adalah tanggal 21 April 2022. Kemudian saya dikeluarkan nomor pelaporan: 1517443047033286714.

Pada 24 April 2022, saya mengobrol ke CS Shopee lagi, meminta status pengembalian dana saya, diterima oleh CS Namu. Saya diminta menunggu lagi. Disini kesabaran saya habis, karena respon dari Shopee CS tidak memberikan solusi dan tidak ada tindak lanjut dari Shopee.

Pada 25 April 2022, saya kembali mengobrol ke CS Shopee (Yuraa). Saat ini saya sampaikan baru saja menerima WA dari kurir TIKI yang akan mengirimkan paket dari gudang Shopee. Saya menjelaskan kepada CS Shopee dan diberitahu bahwa produk yang saya kembalikan sebagian disetujui. Saya mengajukan keberatan saya dan bertanya apa itu berbasis Shopee Gudang sebagian menolak/menyetujui? Karena jelas sepatunya tidak sesuai deskripsi dan pengelola toko (yang menyarankan mengambil ukuran 38). Makin kecewa saya karena Shopee cs atas nama Yuraa cuek, lama banget pengen balas. mengobrol (15 menit) dan penutup mengobrol sepihak.

Saya kecewa dan sangat keberatan dengan Shopee atas dasar:

  1. Proses dan prosedur refund/barang di Shopee sangat lama.
  2. Mengobrol ke CS Shopee lama dan bukan solusinya.
  3. Keluhan/keluhan pelanggan tidak ditangani dengan cepat (minimal tidak ada email konfirmasi/umpan balik).
  4. Shopee memutuskan untuk mengembalikan sebagian dana secara sepihak tanpa menjelaskan kepada saya. Apa yang dilakukan Shopee pada dasarnya? Produk tidak sesuai dengan ukuran, deskripsi dan sudah saya ikuti saran admin toko. Shopee tidak menghubungi saya untuk klarifikasi sebelum mengambil keputusan, untuk mendapatkan informasi detail dari saya.

Karena frustrasi saya, saya akan mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini di masa mendatang pasar lainnya (seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, dll) dan akan meninggalkan pasar Shopee. Semoga pembaca lain dapat memahami dan mengikuti saran saya.

Terima kasih, Media Konsumen telah meneruskan keluhan saya.

Andrey Irawan Simbolon
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.


Tingkat Pengembalian di Shopee:


[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Source link