Perlukah Dilakukan Pembaruan Software/Perangkat Lunak Android?

Manfaat memperbarui Software atau perangkat lunak di Android

0

Gadget berbasis Android sudah cukup populer, karena salah satunya memiliki keunggulan yaitu bisa mengunduh berbagai macam software atau perangkat lunak yang beraneka macam. Perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sebuah perangkat yang ada di dalam sistem android yang berfungsi untuk melakukan pengoperasian sistem.

Perusahaan software akan selalu meningkatkan kualitas dan fitur dari software yang telah dibuatnya, sehingga memungkinkan software di android bisa diupgrade atau diperbarui sehingga bisa menjalankan sistem baru yang lebih optimal. Dan biasanya, ketika ada pembaruan software, maka akan muncul di notifikasi bahwa terdapat versi baru dari software yang telah diunduh dan di install di smartphone. Namun apakah perlu selalu memperbarui software ketika ada pembaruan? Apakah manfaat dan efek dari pembaruan software tersebut?

Ternyata, pembaruan software sangat diperlukan dan pastinya akan memberikan banyak sekali manfaat. Karena bisa jadi jika terdapat perbaruan software dan sobat tidak memperbarui software sobat, maka bisa saja membuat kinerja smartphone menjadi kurang optimal. Nah ingin tahu manfaat pembaruan software android? Inilah beberapa manfaatnya.

1. Menjadikan sistem lebih aman

Sebagian besar sistem, semakin baru suatu sistem, pastinya akan meningkatkan pula keamanan sistem tersebut karena kualitasnya pun meningkat. Sebenarnya, aplikasi atau software yang sering diunduh dari PlayStore, bisa membahayakan ponsel karena bisa saja software membawa birus dan bisa berkembang dan berusaha meretas ponsel. Nah dengan mengupgradenya, maka ponsel bisa lebih aman karena Google selalu mengeluarkan patch security secara berkala untuk meningkatkan keamanan dari serangan virus atau hacker.

2. Terdapat fitur-fitur baru

Pastinya, software yang diupgrade ke versi terbaru akan memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih baik dari versi sebelumnya. Sehingga sayang sekali jika bisa menikmati fitur terbaru tersebut tapi tidak dimanfaatkan karena tidak memperbarui softwarenya.

3. Memberikan kenyamanan dalam tampilan android

Biasanya, jika memperbarui software pasti juga akan memperbarui tampilan menjadi lebih bagus, enak dilihat, dan juga nyaman digunakan. Sehingga hal tersebut bisa meningkatkan keefektivitasan kerja seseorang.

4. Bisa memperbaiki bug

Software yang diluncurkan tidaklah selalu sempurna, karena terkadang dipacu oleh deadline untuk launching. Memperbarui software akan memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.  Bug adalah semacam celah pada software atau bisa dikatakan kecacatan dari sebuah software. Sehingga, dengan memperbarui software, maka bug yang ada akan semakin sedikit.

5. Meningkatkan kinerja sistem

Kadangkala, smartphone dirasa menjadi lemot padahal sudah diperbaiki dengan segala cara. Mungkin masalah itu bisa diselesaikan dengan melakukan pembaruan software. Karena pembaruan software akan meningkatkan kinerja sistem sehingga bisa terhindar dari lemot dan menjadi lebih optimal. Perbedaannya bisa sampai 70% loh!

Nah itulah beberapa manfaat pembaruan software. Lalu kembali ke pertanyaan awal, perlukah dilakukan pembaruan software di android? jawabannya adalah sangat perlu. Karena bisa dilihat sendiri ternyata hal sepele seperti itu memiliki manfaat yang berlimpah.

Namun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, karena setiap pengguna memiliki kebutuhannya masing-masing. Bisa saja ada orang yang lebih suka dan lebih nyaman dengan kondisi yang lama, ataupun sebaliknya. Dan ketika sobat akan memperbarui software androidnya, pastikan ada ruang memori yang cukup ya. Nah oke sobat, jika anda ingin mengetahui perkembangan teknologi saat ini, atau jika ingin belajar desain, atau juga jika ingin mengetahui rekomendasi tempat wisata yang patut dikunjungi, bisa cek artikel kita lainnya ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.