Perkembangan Tren Teknologi Startup di Indonesia

Perkembangan teknologi bisnis startup di Indonesia

0

Apa yang ada di pikiran sobat semua ketika mendengarkan kata startup? Era milenial? Bukalapak? Tokopedia?. Memang benar, beberapa nama tersebut adalah beberapa contoh startup di Indonesia. Di era milenial saat ini, sudah banyak sekali muncul bisnis digital startup. Lalu apa sih sebenarnya startup itu?

Tentang bisnis digital startup

Digital startup sebenarnya adalah sebuah perusahaan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, dan memberikan layanan kepada para customer. Bisnis startup diharapkan bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat indonesia dengan pemanfaatan teknologi yang serba canggih. Sehingga sebenarnya bukanlah hal yang mudah membangun sebuah bisnis startup agar berjalan dan sukses menjadi perusahan besar.

Kata startup sebenarnya sudah populer secara internasional di sekitar tahun 1998-2000. Di tahun tersebut, banyak perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan, karena memang di tahun itu sedang gencar-gencarnya pembukaan website pribadi untuk memajukan bisnis perusahaannya. Dan dengan dibantu kecanggihan internet, semakin berkembanglah startup dan makna startup bergeser menjadi bisnis yang identik dengan dunia teknologi informasi, digital, dan aplikasi.

Perkembangan Teknologi Startup di Indonesia

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, bisnis dan teknologi startup pun mengalami perkembangan. Setidaknya saat ini, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia memprediksikan ada 10 tren teknologi yang juga bisa menjadi peluang bisnis bagi perusahaan startup di Indonesia, dan juga merupakan revolusi industri 4.0. Kesepuluh tren teknologi startup tersebut adalah :

  1. Belanja dalam jaringan/online (daring)
  2. Pembayaran digital (digital payment)
  3. Teleworking atau bekerja dari rumah
  4. Pelayanan medis jarak jauh atau telemedicine
  5. Pendidikan (tele-education) dan pelatihan jarak jauh (tele-training)
  6. Hiburan daring/virtual
  7. Rantai pasokan (supply chain 4.0)
  8. 3D printing
  9. Robot dan drone
  10. Teknologi 5G serta teknologi informasi dan komunikasi.

Perusahaan startup yang sudah berkembang di Indonesia

Perkembangan startup di Indonesia berlangsung sangat cepat karena juga didukung dengan pasar yang luas dan pengguna internet yang terus meningkat secara signifikan. Hal itu membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem ekonomi digital terbesar di Asia Negara. Dan dari data Startup Ranking, disebutkan bahwa Indonesia berada di dalam daftar lima besar negara dengan startup terbanyak dengan total startup sebanyak 2.090. Wow banyak juga ya sobat.

Nah, ingin tahu beberapa contoh startup yang mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia? Berikut ini daftar beberapa startup di Indonesia

1. Tokopedia

Di tahun 2020, startup e-commerce Tokopedia memasuki tahun ke-11. Dan seiring berjalannya waktu tokopedia tercatat sudah menjangkau 93% kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau, dan telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk.

2. Traveloka

Traveloka adalah salah satu startup yang akan membantu sobat jika ingin liburan. Meskipun masih didirikan di tahun 2012, Traveloka berkembang cukup pesat. Karena Traveloka telah menjangkau 7 negara di dunia seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia. Dan telah diunduh lebih dari 40 juta kali di Asia Tenggara serta telah bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai low-cost dan full service untuk rute domestik dan internasional. Dan menariknya, Traveloka membangun Research & Development Center di Embassy Tech Village dengan 60 karyawan disana, dan 500 engineer dari seluruh dunia.

3. Go-Jek

Salah satu startup yang juga tergolong baru adalah Go-Jek, yang merupakan aplikasi online yang memudahkan pengguna dalam memesan jasa transportasi, dan bahkan jasa-jasa lain seperti food delivery, kebersihan, belanja online, dan sebagainya. Dan bisnis ini berkembang cukup pesat sehingga di tahun 2016, tercatat bahwa Go-Jek telah mendapat gelar Unicorn senilai 1,3 Milyar USD.

Nah itulah sedikit tentang teknologi bisnis startup di Indonesia. Ternyata di Indonesia banyak sekali orang-orang hebat ya sobat. Jika ingin tahu perkembangan teknologi lainnya, baca artikel kita lainnya ya..

Leave A Reply

Your email address will not be published.