Jelajahi Objek Wisata Bersejarah di Yogyakarta

0

Banyak objek wisata bersejarah di yogyakarta yang memikat wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalau kamu pecinta wisata sejarah, tempat wisata di Yogyakarta bisa menjadi pilihan karena, disetiap sudut kotanya menyimpan kenangan sejarah yang tak lekang oleh waktu. Informasi tempat wisata di Yogyakarta dibawah ini bisa kamu jadikan pilihan destinasi bersama keluarga, sahabat atau pasangan. Yuk disimak!

Berikut ini beberapa tempat wisata bersejarah di yogyakarta

1. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata di Yogyakarta pertama yang satu ini tidak bisa dipungkiri lagi, sudah menjadi ikon kota. Bangunan keraton yang kental dengan budaya Jawa dan koleksi benda benda besejarahnya menjadi warisan tersendiri. Kamu bisa berkunjung setiap hari kecuali hari senin, mulai dari pukul 8 pagi hingga jam 3 sore.

Tenang saja, tiketnya tidak mahal dan didalam pun kamu akan dipandu oleh pemandu wisata untuk berkeliling dan mengenal sejarah keraton Yogyakarta. Tetapi ada beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjug ke tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini, kamu tidak boleh berfoto membelakangi keraton atau abdi dalem, kamu juga tidak diperbolehkan mengenakan topi diarea keraton, menyentuh benda benda di dalam museum juga harus kamu hindari.

2. Benteng V

Berada di pusat kota menjadikan Benteng Vredeburg tempat wisata di Yogyakarta yang paling sering dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi lokasinya yang tidak jauh dari keramaian Malioboro. Sejarah dibalik benteng ini pun tidak main main. Dahulu benteng Vreduburg merupakan markas penting Tentara Keamanan Rakyat lalu kemudian pada masa pemerintahan Belan, benteng ini direbut kembali dan dijadikan markas mereka.

Di benteng ini kita dapat melihat beberapa diorama perang lengkap dengan persenjataan keprajuritan yang tersimpan apik di dalam museum. Bahkan di benteng ini juga terdapat patung ibu Fatmawati yang sedang menjahit bendera merah putih.

3. Tamansari

Tempat wisata bersejarah di Yogyakarta lainya adalah Istana Air Tamansari. Lokasinya tidak jauh dari keraton Yogyakarta karena dulunya taman ini dibangun sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus benteng pertahanan pada tahun 1758-1765.

Arsitekturnya yang memadumadakan budaya jawa dan eropa menjadi perpaduan yang sangat Indah, bangunan ini di rancang oleh seorang arstiket asal Portugis bernama Demang Tegis. Di Taman wisata air tamansari ini dibagi menjadi 4 bagian kompleks, yang pertama adalah danau buatan disebelah barat, pemandian, pasarean, serta pulau buatan yang memiliki jembatan gantung.

Sayangnya luas taman ini sekarang telah berkurang karena beberapa kompleks bangunanya yang telah dijadikan tempat pemukiman bagi warga setempat.

4. Masjid Gede Kauman

Tempat wisata bersejarah di yogyakarta yang ke 4 yaitu masjid gede kauman. Bagi kamu yang ingin merasakan wisata bersejarah tapi sekaligus religi, salah satu tempat wisata bersejarah di Yogyakarta ini bisa kamu jadikan pilihan. Tepatnya Masjid Gede Kauman, tempat ini dulu dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1773 dan sampai sekarang masih terus aktif dikunjungi dan dipergunakan baik oleh warga setempat maupun wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Ukiran kayu yang berpadu dengan arsitektur jawa terlihat sangat anggun dan catik. Meskipun sudah berusia sangat tua, banguna mesjid ini masih terlihat sangat kokoh. Hal itu dapat terbuktikan ketika terjadi gempa yang besar pada tahun 2006, Mesjid ini masih berdiri dengan kokoh. Pada bulan suci ramdhan, Mesjid ini juga menyediakan buka puasa gratis. Menu khas buka puasa disini adalah Gule Kambing.

Nah informasi mengenai tempat wisata bersejarah di Yogyakarta diatas dapat kamu jadikan refrensi untuk rencana liburan kamu, perlu di ingat juga tetap menjaga diri sendiri dan orang terkasih untuk tetap memperhatikan kesehatan selama melakukan perjalanan wisata. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.