Jenis Desain Grafis Berkembang Dari Masa Ke Masa

Jenis Desain Grafis Berkembang Dari Masa Ke Masa

0 3,325

Jenis Desain GrafisDesain grafis memang tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan kita semua ya sobat. Berbagai aktivitas yang kita lakukan selalu berkaitan dengan desain grafis. Coba saja anda bayangkan jika pembuatan surat resmi kantor tanpa adanya logo dan stempel, pasti surat tersebut tidak sah. Inilah salah satu bukti nyata bahwasannya desain grafis sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan umat manusia dari masa ke masa.

Pada kesempatan kali ini penulis mempunyai maksud untuk memberikan informasi penting buat sobat semua mengenai jenis desain grafis. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap dan detail dari jenis desain grafis, maka anda bisa simak penjelasan di bawah ini :

1. Desain Grafis Manual

Desain grafis manual biasanya dibuat tanpa bantuan peralatan seperti mesin – mesin digital sobat. Semuanya dibuat serba manual dan inilah yang dulunya menjadi awal mula keberadaan desain grafis.

Perlu anda ketahui, bahwasannya untuk menyelesaikan satu karya desain grafis manual membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran ekstra. Salah sedikit saja, bisa berpengaruh pada pekerjaan yang sudah susah payah anda buat.

2. Desain Grafis Digital

Desain grafis digital banyak anda temukan di zaman modern seperti sekarang ini. Banyak sekali alat bantu yang bisa anda gunakan untuk menuangkan kreatifitas yang anda miliki sobat. Dengan bantuan aplikasi, semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Tidak perlu bekerja manual lagi dan hasilnya pun jauh lebih bagus dan rapi.

Desain grafis digital banyak dimanfaatkan untuk kepentingan marketing sobat. Seperti halnya pembuatan logo produk, jasa dan bahkan logo suatu perusahaan. Ruang lingkupnya meliputi non formal atau pun formal. Perusahaan swasta dan pemerintahan semuanya membutuhkan yang nama desain grafis di era serba digital ini.

Perbedaan Antara Jenis Desain Grafis Manual dan Jenis Desain Grafis Digital

Dari pembahasan yang sudah penulis jelaskan di atas tentang jenis desain grafis meliputi desain grafis manual dan desain grafis digital, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Perbedaannya antara lain sebagai berikut :
Cara Penggunaannya

Jika dilihat dari sudut pandang cara penggunaannya, antara kedua jenis desain grafis tersebut sangat jelas berbeda ya sobat. Dari namanya saja sudah banyak yang tahu tanpa dijelaskan ya sobat. Cara penggunaan desain grafis manual, semua pekerjaan dilakukan secara manual. Sedangkan cara penggunaan desain grafis digital, semua pekerjaan dimudahkan dengan bantuan software aplikasi. Jadi antara keduanya lebih mudah penggunaan desain grafis digital dibandingkan penggunaan desain grafis manual sobat.

Proses Pembuatannya

Dari segi pembuatannya juga sangat mencolok perbedaannya sobat. Proses pembuatan desain grafis menggunakan cara manual, membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan. Sedangkan proses pembuatan desain grafis menggunakan cara digital berbanding terbalik, karena terdapat banyak kemudahan yang bisa membantu pekerjaan lebih cepat selesainya.

Kemudian untuk melakukan pengeditan baik itu sedikit atau pun banyak, anda akan merasa kesulitan jika menggunakan desain grafis manual. Berbanding terbalik dengan desain grafis digital yang ternyata prosesnya jauh lebih mudah sobat.

Kualitasnya

Kerapihan, warna dan komponen lainnya dari segi kualitas pasti terlihat lebih menarik desain grafis digital dibandingkan dengan desain grafis manual. Bantuan aplikasi yang serba mudah memang menjadi kelebihan dari desain grafis digital. Namun bukan berarti desain grafis manual itu jelek ya sobat, selera seni orang kan berbeda – beda. Tidak jarang orang yang tahu dunia seni, justru lebih suka dan tertarik dengan desain grafis manual.

Nilai Jualnya

Untuk nilai jual lebih menjanjikan desain grafis digital daripada desain grafis manual. Karena kebutuhan akan desain grafis digital setiap hari banyak yang mencarinya. Sedangkan desain grafis manual membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa menjualnya.

Di internet banyak sekali proyek lalu lalang yang bisa dengan mudah anda kerjakan jika anda mau dan bersungguh – sungguh. Peluang desain grafis digital modern ini memang lebih menjanjikan nilai jualnya. Skill yang anda miliki bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah tanpa ada batasannya. Namun bukan berarti desain grafis manual tidak laku ya sobat, meskipun membutuhkan waktu lama dalam proses penjualannya, sekali laku nilai jual desain grafis manual akan melampaui penjualan desain grafis digital dalam satu kali transaksi saja.

Kelebihan Desain Grafis Manual

Berikut penjelasan tentang kelebihan desain grafis manual, antara lain :

  • Sulit untuk ditiru oleh orang lain karena semua pengerjaan dilakukan dengan cara manual.
  • Nilai seni lebih baik dan lebih diperhatikan karena pada setiap karya yang dibuat sudah pasti berbeda. Meskipun pembuatnya berusaha mendesain lagi, pasti terdapat perbedaan.
  • Meningkatkan kemampuan anda dalam berkreasi.

Kekurangan Desain Grafis Manual

Berikut penjelasan tentang kekurangan desain grafis manual, antara lain :

  • Membutuhkan kesabaran ekstra, ketelitian lebih dan ketekunan, jika terjadi kesalahan baik disengaja atau pun tidak disengaja akan berpengaruh pada desain secara keseluruhan. Misalnya saja coretan yang tidak disengaja.
  • Poses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama.
  • Resiko rusak cukup tinggi jika perlakuan yang diberikan pada desain grafis manual kurang tepat.

Kelebihan Desain Grafis Digital

Berikut penjelasan tentang kelebihan desain grafis digital, antara lain :

  • Proses pembuatan desain grafis cenderung lebih dimudahkan dan dimanjakan, karena semua kebutuhan sudah disediakan oleh aplikasi yang anda gunakan.
  • Jika terjadi kesalahan, sangat mudah untuk memperbaikinya. Dengan adanya fitur undo dan redo, semua kesalahan bisa diatasi.
  • Waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian sebuah karya desain cenderung lebih cepat dibandingkan dengan proses desain grafis manual.
  • Intensitas penjualannya lebih mudah dan lebih banyak.

Kekurangan Desain Grafis Digital

Berikut penjelasan tentang kekurangan desain grafis digital, antara lain :

  • Kepuasan yang dirasakan tidak semaksimal seperti membuat desain grafis manual.
  • Jika terdapat error pada software aplikasi, resiko hilang bisa saja terjadi pada pekerjaan desain yang susah payah anda buat tersebut. Misalnya saja tiba – tiba mati lampu.
  • Desain grafis digital mudah dipelajari dan ditiru oleh orang lain.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya jenis desain grafis yang ada sampai saat ini mengalami transformasi secara terus menerus seiring perkembangan zaman yang begitu pesat. Berbagai kemudahan juga ditawarkan kepada sobat semua.

Yang dulunya menggunakan desain grafis manual, kini sedikit demi sedikit penggemar desain grafis mulai beralih menggunakan desain grafis digital.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai desain grafis. Semoga sedikit penjelasan yang bisa penulis berikan bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika dalam penulisan di atas masih banyak kekurangan karena terbatasnya ilmu yang penulis miliki. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah berkunjung. Salam hangat dari penulis.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.