Lebih Baik Pilih Mana? Platform Android atau iOS?

Perbandingan kelebihan dan kekurangan android dan iOS

0

Smartphone sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Pasalnya, saat ini smartphone selain bisa digunakan untuk berkomunikasi baik untuk telefon atau pesan teks, smartphone sudah banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti bekerja, iklan, order makanan, bahkan berbelanja. Sehingga smartphone menjadi barang multifungsi yang wajib dibawa sehari-hari.

Berbicara mengenai smartphone, saat ini pasti sudah banyak sekali perkembangan teknologi dari benda ini. Dan ada dua platform terbesar di dunia yang sangat populer dan saling bersaing untuk meningkatkan teknologi dan kemampuannya. Kedua platform tersebut adalah Apple atau iOS dan Android.

Baik iOS maupun Android memiliki penggemarnya sendiri-sendiri yang sangat luar biasa. Karena masing-masing selalu mengembangkan fiturnya, dan juga tidak sedikit yang memandang dari brand nya. Lalu jika dibandingkan kedua platform raksasa tersebut, apakah perbedaannya? Manakah yang lebih baik antara Android dengan iOS?

1. Dilihat dari Aplikasi yang Tersedia

Aplikasi adalah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk membandingkan Android dengan iOS karena akan berhubungan dengan fungsi dari smartphonenya. Android dikatakan memiliki 2,57 juta aplikasi dan iOS memiliki 1,84 juta aplikasi. Memang Google Play di Android menyediakan lebih banyak aplikasi gratis karena pembuat aplikasi bebas menggunakan kode-kode untuk membuat dan memasukkan aplikasi ke Google Play. Namun biasanya game terbaik akan muncul terlebih dahulu di iOS.

2. Dilihat dari Penyimpanan Data

Android mempunyai memori bawaan atau memori internal dan juga bisa ditambahkan penyimpanan yang lebih besar karena terdapat tambahan ruang untuk memori eksternal. Sehingga pengguna bebas untuk menambahkan memori sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan iOS hanya memiliki memori internal dan tidak bisa diberi tambahan ruang penyimpanan.

3. Dilihat dari Cara pembaruan atau update

Cara pembaruan Android dan iOS sangatlah berbeda. Jika dibandingkan, pembaruan iOS sangatlah baik karena dilakukan secara konsisten dan terjadwal. Selain itu pembaruan iOS sangat dipermudah oleh pabrik. Sedangkan android, ketika ingin melakukan pembaruan, butuh kerja yang ekstra karena harus mengunduh versi android terbaru dahulu, dan pastinya kadangkala sulit menemukan pembarian android yang resmi.

4. Dilihat dari Cara Berbagi Data

Untuk urusan berbagi data, bisa dibilang salah satu hal yang menyebalkan bagi pengguna iOS. Soalnya kalau sobat ingin mengirim atau menerima file dari perangkat lain, harus memindahkannya lewat iTunes, atau jika ingin berbagi dengan Bluetooth, iOS hanya akan menerima data lewat Bluetooth sesama pengguna iOS. Memang hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus yang tidak sengaja terbawa dari file yang akan ditranser.

Sedangkan Android bebas berbagi data dengan perangkat lainnya. Namun memang kebebasan tersebut membuat Android menjadi lebih rentan terkena virus yang bisa merusak sistem.

5. Dilihat dari Kamera

Kamera memang biasanya menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Jika dibandingkan Android, iPhone bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus dan tajam. Dan beberapa kamera Android tidak setajam iPhone dan biasanya diproduksi sesuai kebutuhan dan tidak sedikit pula yang mengedepankan kamera depan.

6. Keterjangkauan Harga Kedua Platform

Harga smartphone iOS memang dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Semakin tinggi memori internal, maka semakin mahal harga iOS. Namun jika dijual, biasanya harga second-nya tidak jatuh terlalu jauh dari harga awal. Dan android memang lebih terjangkau dengan sistem operasi dan spek yang bervariasi. Namun jika dijual kebanyakan harganya akan jatuh.

Jadi seperti itulah sobat perbandingan Android dengan iOS. Semua pilihan tersebut diserahkan kepada pengguna dan kebutuhan. Jadi sobat lebih memilih yang mana? Dan jangan lupa kunjungi artikel kita lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.