Gunakan VPN, Bisa Mengancam Keamanan Privasi

Menggunakan VPN bisa memicu security cyber yang bisa mengancam keamanan data privasi pengguna

0

Pengunduhan aplikasi VPN atau Virtual Private Network selalu meningkat di masa-masa tertentu, dan akhir-akhir ini peminatnya pun melonjak. Karena VPN semakin populer digunakan karena bisa berinternet tanpa menggunakan kuota.

Tentang VPN

VPN adalah sebuah layanan yang bisa digunakan untuk mengakses situs melalui jaringan lain. Sehingga VPN akan menghubungkan handphone atau pc ke perangkat pribadi lain di tempat yang berbeda, dan bisa mengakses internet menggunakan koneksinya.

Pengguna PVN akan masuk ke jaringan pribadi dan koneksinya bersifat pribadi, sehingga tidak semua orang bisa masuk ke jaringan tersebut kecuali memang diizinkan atau memang ada niatan buruk untuk meng-hack koneksi tersebut.

VPN memiliki beberapa kegunaan seperti membuka situs yang diblokir, karena alamat IP yang digunakan bukan dari negara Indonesia sehingga peraturan internet Indonesia tidak berlaku jika menggunakan alamat IP negara lain. Kemudian bisa menghilangkan history browser secara otomatis, karena VPN bersifat privat sehingga tidak ada orang yang bisa mengakses histori tersebut.

Selanjutnya bisa  meningkatkan kecepatan download jika menggunakan VPN sebagai jaringan pribadi, namun jika VPN berbayar dan digunakan untuk bersama di kantor-kantor, bisa saja kecepatan melambat. Kemudian juga bisa meminimalisir gangguan koneksi, karena VPN akan berfungsi sebagai pengaman dari gangguan-gangguan seperti data hilang, file corrupt, dan sebagainya. Dan yang penting vpn bisa meningkatkan keamanan jaringan. Namun apakah benar-benar aman ketika menggunakan layanan VPN?

Keamanan privasi ketika menggunakan VPN

Memang dengan menggunakan VPN kita bisa melindungi alamat IP internet dari keusilan hacker. Karena dengan alamat IP, hacker bisa melacak lokasimu dan data-data privasi lainnya. Ketika menggunakan VPN, maka hacker tidak bisa menemukan lokasi asli dari alamat IP tersebut.

Namun penggunaan vpn tidak sepenuhnya aman, apalagi jiga menggnakan aplikasi VPN gratisan. Karena dari situlah virus malware bisa masuk dan bisa merusak data privasi sobat ataupun smartphone. Karena kalau gratis akan tidak ada jaminan dari penyusupan data malware ke data privasi kita.

Terdapat riset pada tahun 2019 tentang keamanan penggunaan vpn. Hasilnya, 18% VPN mengandung potensi virus atau malware, 85% mengizinkan fungsi yang bisa membahayakan privasi pengguna VPN, dan 25% bisa mengekspos lalu lintas atau kegiatan pengguna VPN. Dan tidak hanya aplikasi VPN android saja yang berbahaya, namun juga ditemukan pula di aplikasi VPN teratas perangkat iPhone.

Bahkan terdapat isu lain bahwa penggunaan layanan VPN gratis bisa membahayakan mobile banking di smartphone. Karena terdapat beberapa kasus bahwa saldo di mobile banking hilang secara tiba-bita saat mengakses mobile banking dengan mengaktifkan VPN. Karena ketika masuk ke mobile banking, username, password, dan juga kode verifikasi yang dikirimkan bisa dibaca oleh penyedia layanan VPN.

So, tetap stay safe ya sobat. Dan jangan lupa untuk baca artikel-artikel kita lainnya ya! Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.