Fitur Terbaru Google Maps, Ada Rute Bersepeda yang Aman Dilalui

Google Maps menambahkan fitur jalur khusus pengendara sepeda

0

Akhir-akhir ini, penggemar olahraga bersepeda dengan rute bersepeda tertentu sangat melonjak. Dan olahraga bersepeda menjadi tren olahraga yang sangat banyak sekali peminatnya di banyak negara di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Baik anak-anak maupun orang dewasa banyak sekali yang ingin berolahraga sepeda. Tidak jarang pula yang melakukan olahraga sepeda dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Nah biasanya, ketika ingin menempuh suatu tempat tujuan, kadangkala tidak tahu lewat jalan mana yang aman untuk bersepeda. Untuk itu, saat ini, google maps menambahkan fitur jalur khusus yang pastinya aman untuk pengendara sepeda.

Fitur Rute Bersepeda di Google Maps

Google maps adalah salah satu aplikasi pemetaan digital yang sangat populer yang banyak digunakan untuk menemukan sebuah tempat melalui rute tertentu, dan sudah terbukti kevalidan datanya.

Dengan berkembangnya waktu, saat ini, google maps mengembangkan fiturnya agar bisa gowes di rute yang aman. Pembaruan itu dilakukan karena memang terjadi pelonjakan permintaan terhadap petunjuk arah bersepeda sejak awal tahun ini, dan lonjakan itu bisa hampir 70% loh.

Rute bersepeda itu memanfaatkan teknologi algoritma kecerdasan buatan atau AI, dan juga data crowdsourced. Dan rute itu akan muncul jika sobat memilih tujuan dan menekan tombol direction. Pilihan sepeda akan muncul di deretan bersama pilihan mobil, angkutan, pejalan kaki, dan kereta api. Dan pastinya update dulu ya google maps mu.

Memang masih belum seberapa lengkap rute bersepeda yang disajikan Google Maps, dan juga sayangnya pembaruan rute-rute ini masih mencakup rute-rute yang tersebar di sejumlah kota besar di dunia saja, dan masih belum banyak rute bersepeda di Indonesia.

Membuat Jalur Bersepeda Sendiri

Karena rute sepeda di Indonesia masih belum banyak tersedia, dan Google Maps masih berupaya untuk mengintregasikan ratusan ribu jalur sepeda baru. Mungkin hal ini bisa dibantu dengan penyediaan data di geo Data Upload Tool oleh Instansi pemerintah.

Namun jika sobat punya rute sepeda sendiri dan ingin dibagikan ke teman atau anggota gowesnya, bisa loh membuat jalur sepeda sendiri di Google Maps yang menurutmu aman dan mudah untuk dilalui.

Caranya adalah buka dahulu aplikasi Google Maps di smartphone ataupun di web. Kemudian klik direction dan pilih lokasi sekarang. Contohnya lokasi saat ini A dan terakhir adalah E, pastinya akan melewati B,C,D. Maka dari itu, setelah memilih lokasi A, buat direction ke lokasi B terlebih dahulu.

Kemudian, hubungkan lokasi B ke lokasi C dengan klik titik yang berada di bawah tulisan lokasi B, dan begitu seterusnya hingga sampai ke lokasi E, dan jalur bersepedamu sudah jadi dan bisa share rute itu ke teman atau komunitasmu. Namun jangan lupa untuk memastikan dan cek jalur yang telah dibuat apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Jika belum bisa pilih jalur alternatif karena pasti google maps akan memberikan jalur alternatif. Dan juga jika kalian suka tentang artikel teknologi ataupun desain, bisa baca artikel kita lainnya ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.