J&T  

COD Retur Tidak Diterima, Tanggung Jawab J&T dan Shopee Lempar

Saya menulis surat kepada Media Konsumen, karena JNT dan Shopee bertanggung jawab atas COD pengembalian barang yang belum diterima oleh penjual. Mungkin ini juga bisa membantu sesama penjual Shopee yang mengalami masalah yang sama. Nomor Resi: JP2091886493 dan Nomor Pesanan: 210710HB3MS9X3.

Untuk mempermudah, saya akan menjelaskan kronologinya:

  • Tanggal 10 Juli 2021 saya menerima order COD di Shopee, barang dikirim via ekspedisi JNT.
  • Pada tanggal 19 Juli 2021, pesanan dinyatakan batal karena pembeli gagal melakukan pembayaran.
  • Pada 24 Juli 2021, sesuai status dari JNT, barang sudah dikembalikan ke penjual. Namun nyatanya barang tersebut tidak dikembalikan sama sekali.
  • Tanggal 28 Juli 2021 saya melakukan cek ke JNT CP Sedayu Square (tempat pertama kiriman parselmenjemput dari gudang dan dikirim), tetapi menurut mereka bungkusan itu tidak ada di tempatnya. Menurut saya wajar karena mungkin belum terkirim ke JNT CP Sedayu Square.
  • 3 – 6 Agustus 2021, paket COD kembali Saya masih belum mendapat kabar, jadi saya menghubungi JNT Pusat panggilan untuk membuat laporan. Beberapa hari kemudian, mereka menjelaskan bahwa paket saya telah dikembalikan ke JNT CP Sedayu Square. Sekali lagi saya menanyakan ini ke JNT CP Sedayu Square, tapi paketnya TIDAK ada.
  • Pada tanggal 10 Agustus 2021, saya kembali menghubungi JNT melalui email untuk menanyakan tentang paket kembali ini, dan saya dibantu oleh pelayanan pelanggane atas nama Luth*** Sa *****. Saya diberitahu bahwa masalah ini sedang diselidiki. Namun 2 minggu kemudian, saya tidak mendapatkan hasil investigasi keberadaan paket saya.
  • Pada 27 Agustus 2021, saya kembali mengirim email ke Lut*** Sa ***** (CS JNT), untuk menanyakan hasil penyelidikan. Tapi tidak langsung dijawab.
  • Tanggal 27 Agustus 2021, di hari yang sama, saya juga mengirim email ke CS Shopee, menjelaskan situasinya.
  • Pada tanggal 29 Agustus 2021, saya juga menelepon kembali Pusat panggilan JNT, dan sesuai dengan paketnya kembali Lokasinya di JNT CP Sedayu Square. Saya tanya lagi ke staff JNT CP Sedayu Square, tapi hasilnya tidak ada paket. maksud saya di-PING-PONG di sana-sini.
  • Pada tanggal 31 Agustus 2021, saya menerima email dari Shopee yang menjelaskan tentang paket tersebut di JNT Sedayu Square. Tapi kenyataannya TIDAK. Sudah saya jelaskan ke Shopee walaupun sudah ada buktinya tangkapan layar whatsapp dari JNT Sedayu Square. Tapi Shopee tetap tidak peduli. Shopee CS identik dengan ROBOT yang tidak peduli dengan pelanggan.
  • Pada 1 September, saya menghubungi JNT Pusat panggilan dan menjelaskan semuanya, CS JNT hanya menjawab, “Anda dapat mengklaim kerugian Anda ke Shopee”. Di hari yang sama, saya menelepon CS Shopee lagi, dan saya mendapat kejutan yang luar biasa ”Informasi yang kami terima dari J&T Express, bahwa J&T Express saat ini tidak dapat memproses review karena telah melampaui batas maksimum pelaporan“.

Kesimpulan:

  • Jika paket sudah saya terima, saya pun tidak perlu telp dan email kesana kemari untuk menanyakan dimana paket tersebut.
  • Saya Bagikan masalah ini kepada rekanan penjual, agar lebih berhati-hati dengan layanan JNT COD yang sangat tidak bertanggung jawab dalam hal ini. Shopee juga melempar tanggung jawab dan tidak peduli.
  • Selain itu, setelah berjuang mencari lokasi paket selama lebih dari 1 bulan, sampai saat ini saya BELUM PERNAH DIHUBUNGI JNT / SHOPEE melalui telepon langsung. Sayang sekali, saya punya masalah seperti JNE, dan itu diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 10 hari.

Terima kasih banyak kepada Media Konsumen yang telah sangat membantu dalam mempublikasikan masalah ini.

David
Medan, Sumatera Utara


Catatan Redaksi (diperbarui 9/8/2021): Penulis menyatakan bahwa masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.


Nilai Kurir J&T Express di Shopee:


[Total:8    Rata-Rata: 2.1/5]

Source link