Cek Ongkir

Posted on

Cek Ongkir CEK-ONGKIR

Asal Pengiriman
Tujuan Pengiriman
Berat (g)

Cara cek ongkir bukan menjadi hal yang sulit lagi, seiring kegiatan jual beli online yang semakin populer akhir-akhir ini. Beragam ekspedisi pun mulai bermunculan dan ikut berkompetisi, baik dari segi harga maupun lama pengiriman. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para pelanggan karena semakin dimudahkan dalam pengiriman paket. Jika sekarang mungkin Anda sudah terbiasa menerima paket, bagaimana dengan cara pengirimannya?

Ternyata, tidak sedikit yang belum memiliki pengalaman cara mengirim paket di ekspedisi. Nah, sebelum membahas cara cek ongkir, berikut penulis sampaikan cara singkat mengirim paket. Simak baik-baik ya.

5 Cara Mengirim Paket bagi Pemula

Secara umum, semua ekspedisi memiliki mekanisme serupa untuk pengiriman paket. Selengkapnya, simak ulasannya berikut.

1. Cek Ongkir Terlebih Dulu

Biaya pengiriman yang dipatok setiap ekspedisi berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum menentukan ekspedisi mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya cek dulu tarif pengirimannya. Bagi Anda yang memiliki low budget, tentu saja pengecekan ini sangat penting sebagai pertimbangan. Apalagi, cek ongkir sekarang bisa lebih mudah via online.

2. Packing Paket yang Akan Dikirim

Setelah Anda melakukan cara cek ongkir dan menentukan ekspedisi dengan biaya ongkir sesuai budget, segera packing barang yang akan dikirim dengan aman. Jika perlu, tambahkan beberapa lapis bubble wrap untuk double protection. Ingat, sesuaikan cara packing dengan barangnya. Jika barang mudah pecah, sebaiknya buatlah sedemikian rupa supaya terlindung dari benturan dan terminimalisir dari resiko pecah.

3. Tulis Alamat Penerima dan Pengirim di Paket

Sambil packing, siapkan alamat penerima pada paket. Tulis di atas selembar kertas dan pastikan dapat terbaca dengan jelas. Selain penerima, tulis juga alamat pengirim supaya ketika ada kesalahan pengiriman, paket dapat dikembalikan ke pihak pengirim.

4. Datang ke Agen Ekspedisi Terdekat yang Anda Pilih

Apabila paket Anda sudah siap kirim, datanglah ke agen ekspedisi terdekat. Anda bisa cek lokasi kantor terdekat melalui Google Maps atau situs infosedia.com. Perhatikan jam kerjanya. Sampaikan pada petugas bahwa Anda ingin mengirim paket. Tunggu barang diproses dan Anda akan diberikan nomor resi untuk melacak pengiriman. Lakukan pembayaran, selesai.

5. Cek Status Pengiriman, Tunggu Sampai Tiba di Tujuan

Terakhir, Anda bisa cek status pengiriman barang sudah sampai tujuan atau belum menggunakan nomor resi tersebut. Mudah, bukan?

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Pada langkah pengiriman di atas, mungkin Anda masih bingung cara mengecek ongkir dengan mudah. Apakah harus datang ke ekspedisi atau bisa dilakukan secara online?

Untungnya, sekarang cek ongkir semua ekspedisi bisa diakses online. Bahkan, e-commerce saat ini sudah terintegrasi dengan biaya ongkos kirim, sehingga Anda bisa melihat langsung totalnya saat checkout.

Bagi pelanggan, besarnya ongkos kirim sangat berpengaruh. Apalagi jika ada toko online yang menawarkan gratis ongkir, pasti akan langsung diserbu. Selisih sedikit saja, sudah pasti akan diperhitungkan.

Lalu, bagaimana cara cek ongkir online? Berikut ini, penulis sampaikan beberapa cara pengecekan ongkir pada ekspedisi populer, seperti JNE, J&T, POS, Ninja Xpress, dan Wahana.

1. JNE

Cara cek ongkir JNE dapat Anda lakukan pada website resminya langsung atau melalui situs infosedia.com. Bisa dibilang, ekspedisi Jalur Nugraha Ekakurir ini merupakan salah satu kurir terbesar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1990, JNE mampu menangani pengiriman barang dalam negeri maupun luar negeri. Kini, JNE memiliki beberapa layanan dengan keunggulan masing-masing, seperti OKE, Reguler, dan Trucking.

Untuk cek ongkir di infosedia, Anda bisa menuju ke laman https://infosedia.com/cek-ongkir/ terlebih dulu. Setelah itu, akan muncul halaman pengecekan biaya ongkir. Pilih ekspedisi JNE, lalu isi rincian pengiriman seperti asal pengiriman (kota dan kecamatan), tujuan pengiriman (kota dan kecamatan), berat dalam gram, lalu klik cek ongkir. Infosedia akan memberikan hasil perhitungan ongkos kirim untuk Anda.

2. J&T Express

Selain JNE cek ongkir, Anda juga bisa cek ongkir J&T Express dengan mudah di website jet.co.id atau infosedia.com. Meski baru tercatat pada 2015, namun ekspedisi dengan bintang iklan Deddy Corbuzier ini berani memberikan gratis pengiriman pada e-commerce besar di Indonesia. Tidak hanya itu, berbagai layanan pendukung seperti CS, tracking, dan fitur J&T sudah tergolong lengkap untuk sekelas ekspedisi baru. Tak heran, jika banyak orang menyamakan level JNE dengan J&T.

Berikut cara cek ongkir di https://infosedia.com/cek-ongkir/. Terlebih dahulu, klik laman tersebut dan pilih ekspedisi J&T. Isi kolom asal pengiriman, tujuan pengiriman, dan berat paket yang akan dikirim dalam gram. Setelah itu, klik cek ongkir. Infosedia akan langsung memberitahu berapa total ongkos yang harus Anda bayar.

3. POS Indonesia

Ekspedisi satu ini sudah bergerak dalam bidang logistik pengiriman barang dan jasa cukup lama. Berdiri sejak 1961 dan dimiliki BUMN, POS Indonesia telah tersebar ke pelosok-pelosok wilayah Indonesia. Soal harga, Anda bisa bandingkan sendiri dengan ekspedisi lain. Anda bisa cek ongkir POS Indonesia melalui posindonesia.co.id atau infosedia.com.

Berikut ini cara cek ongkir melalui POS di infosedia. Buka laman https://infosedia.com/cek-ongkir/ terlebih dulu, lalu pilih ekspedisi POS. Ketik asal pengiriman dan tujuan pengiriman dengan lengkap, lalu masukkan total berat paket dalam satuan gram. Setelah itu, klik cek ongkir. Infosedia akan menayangkan total ongkir yang harus dibayarkan.

4. Ninja Xpress

Seperti halnya J&T, Ninja Xpress juga termasuk pemain baru dalam jasa ekspedisi di Indonesia. Meski demikian, Ninja Xpress sudah maju dalam hal teknologi, dibuktikan dengan layanan pengiriman cepat, bahkan sudah ada di 6 negara Asia Tenggara.

Anda bisa cek ongkir di website resmi langsung atau infosedia.com. Berikut cara cek ongkir online dengan mudah. Buka link https://infosedia.com/cek-ongkir/ dan pilih ekspedisi NINJA untuk Ninja Xpress. Setelah itu, lengkapi asal pengiriman dan tujuan pengiriman dengan memasukkan kota dan kecamatan. Jangan lupa, isi berat paketan dalam satuan gram. Lalu, klik cek ongkir. Selesai.

5. Wahana

Ekspedisi Wahana sudah berdiri sejak tahun 1998 lalu dan terkenal dengan pengiriman berbiaya murah. Anda bisa bandingkan sendiri dengan ekspedisi lain. Cara cek ongkir ini dapat Anda lakukan langsung di wahana.com atau melalui https://infosedia.com/cek-ongkir/. Berikut caranya.

Buka link https://infosedia.com/cek-ongkir/ lalu pilih WAHANA. Lengkapi asal pengiriman dan tujuan pengiriman Anda dengan mengisi kota dan kecamatannya. Setelah itu, isi berat paketan dalam gram. Jika sudah, klik cek ongkir untuk mengetahui total biayanya. Sangat mudah bukan?

Tips Packing Aman Sampai Tujuan

Selain memahami cara cek ongkos kirim di atas, Anda juga perlu memastikan bahwa paketan sampai tujuan dengan aman. Berikut ini penulis sampaikan tips packing aman untuk Anda.

  • Pahami proses pengiriman ekspedisi beserta fasilitasnya.

  • Pahami jenis paket yang akan Anda kirim, mudah pecah atau tidak.

  • Packing paket fragile dengan tepat dan sampaikan pada petugas ekspedisi.

  • Untuk paket makanan, hindari ruang kosong saat packing supaya tidak bergerak selama pengiriman.

  • Laporkan pada ekspedisi jika Anda mengirim paket makanan tahan lama/mudah rusak maupun frozen food.

Nah, itulah cara cek ongkir berbagai ekspedisi di https://infosedia.com/cek-ongkir/ dengan mudah. Selain itu, infosedia juga menyediakan layanan cek resi dan informasi menarik lainnya untuk Anda.