7 Cara Mudah Menghilangkan ketombe secara Alami, Sehat dan Bebas Gatal!

Diposting pada

7 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Rambut Bebas Gatal!

Ketombe disebut juga (Sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal apabila pengelupasan itu terjadi dalam jumlah yang normal/sedikit. Namun, jika di alami secara terus-menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar dan diikuti dengan kemerahan serta iritasi). Kebanyakan kasus ketombe seperti itu dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

Cara Mudah Menghilangkan ketombe membandel secara Alami
Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Yuk, mari kita bahas Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Jika kamu sedang mengalami masalah ketombe membandel ini, enggak usah khawatir. Masalah ketombe yang umumnya merajai kulit kepala merupakan problema yang umum.

Tapi, terkadang masalah yang sering disepelekan ini bisa menganggu aktivitas kita sehari-hari. Kulit kepala akan terasa gatal bukan main, ketombe juga bisa membuat penampilan kita enggak maksimal. Serpihan-serpihan putih dari kepala yang berjatuhan bikin kamu enggak pede.

Dari pada bingung mending kita intip cara-cara menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini yuk. Bahan-bahan alami, enggak merusak rambut, dan bisanya cara ini ampuh untuk di gunakan oleh siapapun! Yuk simak Ulasannya di Bawah ini:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya merupaka salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe di kulit kepala kamu. Cara ini Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya ampuh menangani masalah-masalah rambut, bukan hanya ketombe lidah buaya juga ampuh menangani masalah kerontokan rambut.

Lidah buaya memang sudah dianggap sebagai tanaman obat sejak dulu. Sari lidah buaya dipercaya bisa mendinginkan kulit kepala, membunuh jamur, dan mengankat sel mati.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama, pisahkan daging beserta gelnya dari kulit lidah buaya dan hancurkan sampai lembut. Kedua, Oleskan pada rambut dan kulit kepala sampai rata. Tunggu 15 sampai 20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

2. Bawang Putih

Yang kedua, Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami Seperti yang kita ketahui, bawang putih mengandung anti bakteri dalam yang dapat dengan mudah membunuh jamur dan kuman yang ada di rambut dan kulit kepala.

Cara mudah menghilangkan ketombe dengan bawang putih sangatlah mudah, yaitu dengan cara. Satu, Haluskan satu atau dua siung bawang putih yang sudah dikupas. Dua, Campurkan dengan jahe dan madu, lalu oleskan pada kulit kepala. Tiga, Pijat dan gosok dengan perlahan sampai bahannya terasa menyerap lalu setelah itu bilas menggunakan air hangat.

3. Bawang Merah

Nah, selain bawang putih, ternyata bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat penghilang ketombe. Dasarnya, bawang merah memang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Tapi ternyata, sifat antibakterialnya juga bisa membunuh bakteri penyebab ketombe.

Untuk cara-canya adalah; Pertama, pastikan rambut sudah bersih. Kedua, oleskan bawang merah yang sudah dihancurkan pada kulit kepala. Ketiga, Diamkan sampai bawang merah tersebut terasa sudah meresap lalu cuci rambut sampai bersih.

Berikut, Tips atau Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami

4. Jeruk Nipis

Nah, cara ini cukup populer ya. Karena jeruk nipismemang di percaya sebagi buah yang cukup banyak bermanfaat untuk pengobatan alami. Cara untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini bisa dilakukan dengan dua cara, Pertama dengan dicampur madu dan kedua dengan gula pasir.

Cara pengolahan jeruk nipis, untuk menghilangkan ketombe; Satu, Peras satu sampai dua jeruk nipis (tergantung kebutuhan) dan campurkan dengan air hangat. Dua, Balurkan pada kulit kepala, dan rambut dari akar sampai ujung. Tiga, Tunggu 3 sampai 5 menit dan bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga ternyata bisa kamu digunakan sebagai obat penghilang ketombe secara alami.

Cara kerjanya hampir sama, yaitu dengan membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab tumbuhnya jamur pada kulit kepala. Untuk cara mengolahnya,yaitu; Satu, Potong lemon menjadi dua dan gosokkan pada kulit kepala sampai terasa meresap. Dua, iamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

6. Garam

Cara mudah menghilangkan ketombe membandel secara alami dengan garam adalah cara paling tepat untuk kamu yang susah mencari bahan-bahan alami yangs duah kita bahas sebelumnya.

Buat kamu yang ingin menggunakan garam untuk mengusir ketombe, cukup dengan mengambil satu cubit bahan dapur ini dan taburkan pada area kulit yang bermasalah. Lalu, gosok dengan lembut dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan sampo sampai bersih.

7. Tomat

Bahan alami yang terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan ketombe membandel dari kulit kepala kamu ialah tomat. Penyebab ketombe muncul sering terjadi karena cuaca atau pilihan sampo yang kurang tepat. Nah, buah tomat ini ternyata dapat mengembalikan pH kulit kepala kamu menjadi normal setelah menggunakan sampo yang cukup keras.

Cara penggunaannya ; Satu, hancurkan tomat sampai lembut dan campurkan dengan satu sendok minyak kelapa. Dua, aduk sampai rata dan oleskan pada kulit kepala sampai ujung rambut. Tiga, Pijat beberapa titik relaksasi seperti area belakang kuping dan ubun-ubun, dan biarkan untuk beberapa menit. Empat, setelah meresap, bilas menggunakan air bersih.

Nah bagaimana? Cara Mudah Menghilangkan ketombe membandel ini memang memang terlihat mudah bukan? Namun, jangan salah ya. Kamu harus tetap menajaga rambut agar tetap sehat dan jauh dari segala permasalahan yang rumit, terutama ketombe.

Untuk menjaga agar rambut kamu tetap bersih dan sehat, lakukanlah rutinitas di bawah ini:

  • Keramas Minimal dua hari sekali agar kotoran-kotoran dari luar tidak menumpuk.
  • Gunakan masker rambut anti ketombe.
  • Hindari memakai penutup kepala seperti topi, helm, dan sejenisnya ketika rambut masih basah.
  • Jika tidak memungkinkan untuk keramas (karena penyakit, misalkan) hindari menggunakan sampo kering berbentuk serbuk. Akan lebih baik kamu menunggu sampai kulit kepala bisa dibasuh kembali oleh air.

Nah itu dia, Tips dari kami Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Semoga tips dari kami bermanfaat dan bisa kamu lakukan dirumahmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *