Cara  

Cara membuka folder di command prompt

Apakah Anda ingin mengakses folder dari prompt perintah Windows? Prompt perintah mungkin terlihat kuno, tetapi sebenarnya sangat mudah dijalankan setelah Anda mengetahui beberapa perintah dasar. Artikel wikiHow ini akan mengajarkan kepada Anda cara membuka folder menggunakan perintah “cd” pada prompt perintah Windows. Kami juga menyajikan trik keren untuk membuka Command Prompt dari folder mana pun melalui Windows File Explorer.

[sunting]Melangkah

[sunting]Melalui File Explorer

  1. Buka File Explorer dengan menekan tombol. File Explorer adalah peramban (browser) file Windows standar. Tekan tombol Windows dan “E” secara bersamaan untuk membuka File Explorer.
    Buka folder di Cmd Langkah 1.jpg
  2. Arahkan ke folder yang ingin Anda buka di Command Prompt. Di file explorer ini, klik folder yang ingin Anda buka. Selanjutnya, buka folder dengan mengkliknya.
    Buka folder di Cmd Langkah 2.jpg
  3. Masukkan bidang alamat File Explorer dan kemudian tekan tombol . Jendela prompt perintah akan terbuka di folder yang baru saja Anda buka di File Explorer.[1]
    Buka folder di Cmd Langkah 3.jpg

[sunting]Menggunakan menu konteks File Explorer

  1. Buka File Explorer. dengan menekan tombol. File Explorer adalah peramban berkas bawaan Windows. Tekan tombol Windows dan “E” secara bersamaan untuk membuka File Explorer.
    Buka folder di Cmd Langkah 4.jpg
  2. Arahkan ke folder yang ingin Anda buka di Command Prompt. Di panel kiri File Explorer, klik folder yang ingin Anda buka. Setelah itu, buka folder dengan mengkliknya.
    Buka folder di Cmd Langkah 5.jpg
  3. Tahan tombol dan kemudian klik kanan pada tempat kosong di folder. Menu konteks (Mouse).
    Buka folder di Cmd Langkah 6.jpg
  4. klik . Setelah itu, prompt perintah akan terbuka di folder ini.
    Buka folder di Cmd Langkah 7.jpg
    • Di versi baru Windows, opsi ini diganti namanya Buka jendela PowerShell di sini. PowerShell adalah versi command prompt yang baru dan lebih canggih. Hampir semua perintah yang digunakan di Command Prompt dapat diterapkan ke PowerShell.[2]

[sunting]Menggunakan Prompt Perintah

  1. Klik pada tombol mulai Windows. Ikonnya berbentuk logo Windows, yang Semula terletak di sudut kiri bawah layar. Menu mulai Windows terbuka.
    Buka folder di Cmd Langkah 8.jpg
  2. Centang. Ini akan memunculkan prompt perintah di menu mulai.
    Buka folder di Cmd Langkah 9.jpg
  3. Klik ikon Prompt Perintah. Ikonnya adalah layar hitam dengan kursor teks putih. Buka prompt perintah dengan mengklik ikon yang sesuai di menu mulai.
    Buka folder di Cmd Langkah 10.jpg
  4. tik menyetir di mana folder itu berada, lalu tekan tombol . Jika folder yang ingin Anda buka ada di menyetir jika tidak, tidak digunakan sebagai lokasi untuk menginstal sistem operasi Windows, buka menyetir tepat di command prompt. Begini cara kerjanya: Masukkan huruf menyetir dan diikuti oleh titik dua {mis. “D:”), lalu tekan Memasukkan.
    Buka folder di Cmd Langkah 11.jpg
    • Ini hanya diperlukan jika folder yang diinginkan ada di dalamnya menyetir Ini tidak sama dengan tempat Anda menginstal Windows (yang biasanya di menyetir “C:”).
  5. Masuk dan ikuti spasi. Perintah “cd” mengubah direktori pada prompt perintah. Ketik “cd” diikuti dengan spasi, tapi jangan tekan Memasukkan Pertama.
    Buka folder di Cmd Langkah 12.jpg
  6. Masukkan alamat folder di sebelah spasi, lalu tekan tombol . Anda harus memasukkan folder dan subfolder tempat folder yang ingin Anda buka berada. Tambahkan garis miring terbalik (“\”) di depan nama folder. Misalnya: “cd \users\username\documents”
    Buka folder di Cmd Langkah 13.jpg
    • Jika Anda tidak tahu jalur Buka folder yang sesuai dengan folder yang diinginkan melalui File Explorer. Selanjutnya, klik kanan kotak alamat di bagian atas jendela dan klik “Salin alamat sebagai teksSelanjutnya Anda dapat memasukkan (Menyisipkan) jalur folder dengan menekan tombol Ctrl + V di command prompt tepat di sebelah perintah “cd”.

[sunting]referensi

  1. https://www.thewindowsclub.com/how-to-open-command-prompt-from-right-click-menu
  2. https://www.educba.com/powershell-vs-command-prompt/