7 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Mudah

Diposting pada

Berikut, 7 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol merupakan senyawa yang ditemukan pada lemak/ lipid dalam darah Anda, Kolesterol tinggi atau bahasa lainnya di sebut dislipidemia adalah ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol.

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
Sumber: Sehatq

Kolesterol yang tinggi menjadi masalah bagi banyak orang yang mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, Kunci utama cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami ini, kita perlu menerapkan penataan pola makan dan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, jika hanya mengandalkan obat-obatan saja tanpa dibarengi dengan gaya hidup sehat tidak akan menjamin bahwa kadar kolesterol kita akan terkontrol. Jadi, Selain menggunakan obat-obatan, ada banyak cara cepat menurunkan kolesterol secara alami.

Berikut ini ada beberapa cara cepat menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang perlu dicoba

1. Makan makanan yang tinggi Magnesium

Magnesium
Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Magnesium

Makanan yang mengandung Magnesium tingi terbukti ampuh dan cepat dalam mengontrol kadar kolesterol. Cara ini merupakan salah satu cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi.

Menurut beberapa penelitian,Makanan yang tingi Magnesium dipercaya bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah yang di sebabkan oleh kolesterol serta bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa rekomendasi makanan yang banyak mengandung magnesium untuk mengontrol kolesterol yang tinggi. Di antaranya adalah tahu, tempe, pisang, kacang-kacangan, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, dan juga alpukat.

2. Batasi Asupan Gula

Berikutnya, cara menurunan kolesterol tinggi secara alami adalah dengan cara membatasi asupan gula ke dalam tubuh kita. Selama ini mungkin sebagaian orang beranggapan bahwa Gula hanya berkaitan dengan Penyakit Diabetes, tapi ternyata asupan Gula berlebih juga berpengaruh ke dalam kesehatan Kolesterol.

Nah, Agar kolesterol serta gula darah tetap stabil, kamu harus membatasi asupan gula dengan meminimalkan minuman manis, makanan olahan, sampai karbohidrat bertepung.

3. Makan Makana Tinggi Serat

Makanan Tinggi Serat

Cara berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, cara ini juga di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi terutama kolesterol jahat (LDL). Beberapa rekomendasi jenis makanan berserat tinggi yang bisa kamu makan, ialah ; Biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

4. Aktif bergerak dan Rutin Berolahraga

Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi secara alami berikutnya adalah dengan aktif bergerak serta rutin berolahraga. Penderita kolesterol sangat disarankan melakukan olahraga selama 30 menit rutin sebanyak lima kali per minggu, dan juga lebih aktif bergerak. Berolahraga dan aktif bergerak fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ini dia, Tips Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kamu bisa pilih jenis olahraga ringan asalkan bisa rutin berolahraga seperti berjalan kaki, lari, atau aerobik di rumah. Juga di sarankan untuk mencari aktivitas yang bisa membuat tubuh kamu lebih aktif bergerak seperti bersepeda ke tempat kerja, atau kamu bisa mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.

5. Jangan Makan Berlebih dan Perhatikan Kalori

Cara berikutnya adalah dengan menghindari makan yang berlebihan. Makan berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan setiap berat badan kamu naik itu bisa beresiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Perhatikan porsi makan kamu serta kualitas makananya.

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan tinggi kalori tidak hanya memengaruhi kolesterol. Kamu juga berisiko mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

6. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang selanjutnya ialan makan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Dianalinsir Healthline, lemak jenuh adalah lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sedangkan lemak tak jenuh ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Beberapa sumber yang membahas tentang lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi oleh tubuh, dan dimanfaatkan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami di antaranya adalah minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon, sampai ikan tuna.

7. Tidur Yang Cukup

Banyak kasus membuktikan, bahwa terlalu banyak atau pun kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kurangnya tidur rentan meningkatkan kadar kolesterol jahat ini di sebabkan karena orang cenderung banyak ngemil atau makan, kurang bergerak, dan mengalami stres saat kurang tidur.

Jadi kamu harus patikan, kamu mendapatkan tidur yang cukup agar kolesterol menurun secara alami.

Nah, itu dia beberapa tips dari Kami tentang bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Jika kamu sudah menjalankan hidup sehat dan menerapkan pola hidup sesuai dengan tips dari kami tetapi, gejala kolesterol tinggi masih muncul padahal kamu sudah melakukan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami, Kami sarankan untuk mencoba konsultasikan ke dokter agar kamu bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *