Bisnis Online Sukses Dengan 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Toko Online

0

Kini sudah banyak korban penipuan bisnis online yang ada di Indonesia dan hal ini membuat banyak konsumen ketakutan untuk belanja online lagi. Imbas banyaknya penipuan adalah kurangnya kepercayaan dari konsumen untuk melakukan belanja dan ada beberapa solusi yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan yang bisa dilakukan.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Toko Online

Buat Sistem yang Jelas

Semua konsumen pasti menyukai sistem belanja yang cepat dan simpel. Maka salah satu cara meningkatkan intergritas usaha adalah dengan membuat sistem website yang jelas seperti tahap pemilihan produk yang lengkap, proses order yang mudah, sistem checkout yang cepat dan konfirmasi pembayaran yang singkat.

Dalam website sebaiknya beri satu postingan yang menjelaskan step by step proses pembelian produk, agar konsumen tidak banyak bertanya lagi tentang proses pembelian dan dengan sistem website yang jelas, maka integritas toko akan naik dengan sendirinya. Jangan sampai website memiliki sistem loading yang lama, karena akan membuat jenuh calon pembeli dan postingan produk harus disiapkan dengan desain yang oke.

Siapkan Rekening Bank

Dalam transaksi online, tentu hal pokok yang harus dipenuhi untuk sistem pembayaran adalah rekening bank dan sifat dari penggunaan rekening bank sangatlah penting. Setidaknya sahabat harus memiliki 4 nomor rekening dari bank yang terkemuka seperti Bank BCA, Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank Bri. Semua nomor rekening bank yang disebutkan, paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia.

Semakin banyak nomor rekening yang dipakai, maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan dengan kepercayaan yang meningkat, akan menambah jumlah penjualan suatu produk. Nomor rekening yang disediakan haruslah satu nama yang sama dan jangan menggunakan nomor rekening yang berbeda-beda.

Hubungkan Dengan Marketplace

Miliki sebuah website penjualan belum menjamin keamanan berbelanja, karena banyak penipuan yang berkedok website dan dengan menghubungkan website atau mencantumkan marketplace di website, bisa menjadi solusi untuk tingkatkan kepercayaan konsumen. Ada beberapa marketplace terkemuka yang ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Membuka lapak jualan di marketplace akan meningkatkan tingkat intergritas usaha dan bisa memberikan keuntungan untuk konsumen, karena cara belanjanya jadi bervariasi. Marketplace juga menyediakan layanan iklan yang bisa digunakan buat meningkatkan kualitas toko dan bisa membuat toko tampil di halaman pertama situs marketplace.

Upload Ulasan Pembeli

Konsumen yang merasa puas dengan layanan toko, akan memberikan ulasan positif yang bermanfaat untuk meningkatkan integritas toko dan setiap ulasan produk harus real, tidak boleh palsu. Semakin banyak ulasan yang diberikan para konsumen, maka akan semakin besar peluang penjualan menjadi tinggi dan semua ulasan konsumen harus di posting di website.

Calon konsumen yang berkunjung ke toko, pasti akan melihat review yang dilakukan konsumen lain dan konsumen yang percaya dengan review yang disediakan, akan sangat mudah untuk membeli produk. Ulasan produk sangat berpengaruh terhadap psikologis konsumen dan bisa mambah kepercayaan konsumen terhadap toko online.

  1. Selesaikan Komplain

Agar memiliki usaha online yang bersifat jangka panjang dan memiliki konsumen yang loyal, sebaiknya jalankan toko dengan sistem yang baik. Toko online tidak akan lepas dari komplain para konsumen, karena tingkat kesalahan bisa timbul dari berbagai hal dan pemiliki toko online yang baik, sebaiknya menyelesaikan komplain dengan cepat.

Jangan biarkan komplain konsumen menjadi sebuah permasalahan besar dan merusak reputasi toko di mata konsumen. Berikan penjelasan yang detail terhadap konsumen yang tidak puas dengan produknya dan lakukan pengiriman ulang apabila barang yang dikirim cacat atau rusak.

Penutup

Demikian ulasan lengkap mengenai cara meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online anda dan semoga artikel yang ditampilkan memberikan manfaat untuk para pembacanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.