Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Offline di Indonesia

0

Bisnis online memang menjadi lini bisnis yang sedang berkembang di Indonesia, apalagi dengan banyaknya masyarakat yang sukses dari bisnis online. Kini banyak sekali pengusaha offline yang mengganti konsep pemasarannya ke cara online, karena melihat potensi online yang sangat besar. Setidaknya ada beberapa kelebihan bisnis online dibandingkan offline, sehingga banyak pengusaha yang berpindah haluan bisnis.

Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Offline

  • Modal Kecil

Ketika sahabat ingin membangun sebuah bisnis offline, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Bisnis offline biasanya membutuhkan tempat jualan yang lumayan besar dan harus memiliki stok barang. Untuk para pemula di dunia bisnis, tentu bisnis online sangatlah memberatkan dan menyulitkan, apalagi kalo tidak memiliki modal yang besar.

Solusi tepatnya untuk pemula yaitu menjalankan bisnis online, karena modal bisnis online sangatlah kecil. Sahabat hanya membutuhkan komputer atau laptop, akses internet dan handphone. Sahabat juga tidak perlu pusing untuk mendapatkan stok barang, karena bisnis online bisa dimulai dengan menjual produk orang lain terlebih dahulu.

  • Kebebasan Waktu

Sahabat yang membuka bisnis offline, tentu harus selalu jaga di toko dan harus selalu membuka tokonya. Kegiatan bisnis offline memang menghabiskan banyak waktu dan sangat menjenuhkan. Beda halnya dengan bisnis online yang tidak terikat oleh waktu dan bisnis online juga bisa dilakukan dimanapun, asalkan ada koneksi internet yang stabil.

Ketika ada konsumen yang menanyakan tentang produk, maka sahabat bisa membalasnya dimanapun. Bisnis online yang bisa dilakukan juga sangatlah banyak seperti berjualan produk, jasa, penulis artikel dan berbagai pekerjaan lainnya. Bisnis online juga semakin berkembang dari waktu ke waktu, sehingga potensi kesuksesannya masih terus terjaga.

  • Pemasaran Murah

Bisnis offline biasanya melakukan pemasaran dengan menggunakan jasa marketing, pembuatan baligo, spanduk, iklan di koran dan membuat poster. Semua kegiatan pemasaran offline membutuhkan biaya besar, namun efektivitasnya tergantung keberuntungan. Pemasaran offline juga memiliki berbagai resiko yang membahayakan kestabilan bisnis.

Bisnis online merupakan bisnis yang bisa diiklankan dengan biaya murah, sehingga tidak akan memberatkan para pelaku bisnis. Iklan berbayar yang bisa dijalankan seperti facebook ads dan instagram ads. Meskipun biaya iklannya murah, namun efektivitas iklannya sangat tergantung penargetannya. Semakin baik pengaturan target konsumennya, maka akan semakin efektif iklan berjalan.

  • Mudah

Bisnis online merupakan lini bisnis yang terbilang mudah, karena bisnis ini hanya dijalankan menggunakan komputer atau laptop dan bisa melakukan monitoring menggunakan handphone. Bisnis online juga bisa dipelajari di berbagai situs penyedia informasi secara gratis dan sahabat juga bisa mengikuti berbagai seminar untuk mempertajam kemampuan bisnis onlinenya.

  • Biaya Operasional Ringan

Pada saat menjalankan bisnis offline, tentu sahabat harus membayar karyawan setiap bulannya. Bisnis online bisa dijalankan secara individual, sehingga sahabat tidak perlu membayar gaji karyawan dan sahabat juga tidak perlu membayar sewa toko, karena bisnis online bisa dijalankan di dalam rumah.

  • Jangkauan Iklan Luas

Iklan offline biasanya hanya menjangkau orang-orang yang berada di sekitar toko dan sulit untuk berkembang mencakup skala nasional. Dengan bisnis online, maka sahabat bisa iklankan bisnis dengan jangkauan yang luas dan tidak hanya skala nasional yang dijangkau, bisa juga skala internasional.

Demikian ulasan lengkap mengenai kelebihan bisnis online dibanding bisnis offline dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.