Bersama JNE, UKM Kupang Jajaki Strategi Pengembangan Bisnis di Era Digital – LINTAS NTT

Kupang, 26 April 2022-Untuk mempertahankan bisnis pasca pandemi COVID-19, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dituntut memiliki keterampilan digital agar dapat memperluas pasar.

Mendukung kebangkitan UKM Kupang di era ini, JNE menggelar JNE Goll … Aborsi Bisnis Online 2022 Kota Kupang.

Melalui acara ini, JNE berupaya untuk mengembangkan kapasitas UKM baik dalam skala nasional maupun global. Demikian disampaikan Emi Ismayanti Khilafah selaku Branch Manager JNE Kupang

“Harapan saya, dengan adanya JNE Goll..JNE aborsi bisa menjadi jembatan bagi UKM untuk mengembangkan kreativitasnya. Tidak ada yang lain selain terus berinovasi dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.” Buka Emi di JNE Goll..Bisnes Gugur Dalam Talian, Selasa (26/4).

JNE menghadirkan dua pegiat UMKM dalam acara tersebut, yakni Maria Victoria Ludony sebagai Hadiah Berharga Pemilik NTT dan Nyongki Manufoe sebagai Pemilik Se’i Opa Rote. “Hadiah Berharga bergerak di bidang industri kreatif atau entrepreneurship kreatif, saat ini kami memiliki 20 variasi produk seperti bunga kering, ilustrasi untuk hadiah wisuda atau uji coba skripsi,” ujar Maria.

Menjelajahi ranah digital selama dua tahun terakhir, Precious Gift kini memiliki 4000 pengikut organik di Instagram. Selain Instagram, Maria juga mengikuti TikTok dan memasarkan produknya melalui perdagangan elektronik.

Selain itu, strategi yang digunakan Maria adalah merajut reseller dan dropshipper. “Dengan adanya pandemi, peluangnya lebih besar. Setelah pandemi, kami melihat peluang dari reseller, mereka bisa menghasilkan uang di tengah pandemi dari rumah,” kata Maria.

Sementara dari sektor F&B, Nyongki Manufoe hadir sebagai Owner Se’i Opa Rote. Konsisten dengan pernyataan Maria, Nyongki merasa peluang tidak ada habisnya di masa pandemi. Berangkat dari kepedulian masyarakat terhadap aktivitas sosial di luar rumah, Nyongki membuat inovasi dengan meluncurkan makanan beku.

“Kami memproduksi daging sapi vakum padat dan se’i. Selain tahan lama dan praktis, masyarakat cenderung memilih produk kami karena tidak perlu sering keluar untuk membeli makanan sehari-hari.”

“Untuk pandemi kemarin, kami tidak terlalu terpengaruh, malah menjadi peluang bagi kami,” kata Nyongki. Strategi buka reseller juga diterapkan oleh Nyongki, baginya reseller dapat mempercepat brand mereka untuk dikenal oleh pasar yang lebih luas di seluruh Indonesia. “Dalam hal ini kami juga menggunakan JNE untuk jasa pengiriman untuk membantu kami,” imbuhnya.

Dalam membangun bisnis, nilai sehingga penting sebagai pembeda dari pesaing. Misalnya, Nyongki yang mencoba membangun bisnis dengan mengedepankan budaya lokal. “Kami mengolah produk kami dengan budaya NTT dengan tujuan untuk menghadirkan kembali warisan budaya NTT yang hampir musnah. Meski dibekukan, kami tetap menjaga keunikan makanan ini.”

Mendukung UKM di Kupang untuk terus berkembang, JNE Kupang menghadirkan beberapa program untuk UKM. “JNE Kupang sudah ada di semua kecamatan dan kelurahan. Kami juga memberikan kesempatan kepada UKM untuk berkolaborasi dalam membangun acara bersama, seperti seminar, workshop dan pelatihan pengembangan usaha lainnya.

Emi mengatakan pihaknya terbuka menyambut kerjasama dengan masyarakat, sejalan dengan empat pilar JNE yaitu kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan visi. Selain acara untuk UKM, JNE juga hadir dengan layanan e-fulfillment, sehingga para penggiat UMKM tidak perlu khawatir dengan gudang atau tempat penyimpanan barang.

JNE Goll..Aborsi Bisnis Online Kota Kupang merupakan kota ketujuh dari webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll… Aborsi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Kupang, judulnya pertunjukan jalanan Akan kembali ke Bandar Depok pada 28 April 2022. (*/jne)



Source link