Berbagai Spesifikasi Komputer Untuk Desain Grafis Yang Wajib Ada

Spesifikasi Komputer Untuk Desain Grafis

0 647

Spesifikasi Komputer Untuk Desain Grafis – Desain grafis saat ini memang semakin diminati oleh berbagai kalangan khususnya generasi milenials. Kreatifitas tanpa batas dibarengi dengan kemampuan melek teknologi akan semakin menambah kualitas desain grafis yang diciptakan.

Desain grafis faktanya mudah untuk dipelajari jika anda bersungguh – sungguh mempelajarinya. Terlebih lagi banyak software desain yang mendukung proses pembelajaran saat ini. Perlu anda ketahui bahwasannya untuk bisa belajar desain grafis dengan nyaman, anda wajib memperhatikan komputer atau pun laptop yang anda gunakan sobat.

Karena spesifikasi yang ditawarkan akan sangat berpengaruh pada akselerasi kinerja software yang digunakan. Laptop atau pun komputer dengan spesifikasi standar dan banyak digunakan oleh masyarakan pada umumnya akan cenderung ngelag dan lemot jika anda menjalankan software desain grafis. Seringkali tiba – tiba “stop working” saat anda sedang belajar.

Penulis tidak mengiyakan jika laptop atau komputer berspesifikasi standar tidak bisa digunakan untuk desain grafis. Hanya saja tingkat supportivitasnya kurang baik. Lantas apa saja spesifikasi komputer yang mumpuni untuk mendukung semua pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis? Yuk sobat kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  • Mempunyai Memori RAM Minimal dengan Kapasitas 8 Gigabyte

Agar komputer atau laptop anda bisa bekerja dengan baik saat proses pembelajaran desain grafis atau memang anda gunakan untuk bekerja, maka perhatikan kapasitas RAM yang ada. Kapasitas tersebut sangat mendukung kecepatan dari komputer atau laptop tersebut.

Kapasitas minimum RAM nya wajib anda perhatikan sobat, yakni 8 Gigabyte. Jika komputer atau laptop anda sudah memenuhi syarat ini, maka sudah cukup mampu digunakan untuk proses desain atau pun editing.

  • Jenis RAM yang Digunakan

Untuk memaksimalkan proses desain grafis anda juga wajib memperhatikan jenis RAM yang ada pada komputer atau laptop yang digunakan. Jangan harap proses belajar desain grafis akan berjalan lancar jika spek RAM nya saja tidak memenuhi syarat.

Nih penulis kasih tahu sobat, setidaknya anda bisa menyediakan komputer atau laptop dengan RAM tipe DDR3-1600. Saat ini RAM jenis tersebut mulai tergantikan dengan keberadaan generasi penerusnya yakni RAM tipe DDR4. Anda tidak perlu khawatir sobat, jika komputer atau laptop anda masih menggunakan RAM DDR3, kinerja desain grafis masih mumpuni kok.

Selain itu untuk membuat kinerja desainer grafis lebih cepat lagi bisa anda gunakan cara sebagai berikut, RAM yang anda gunakan bisa dilakukan pemasangan secara multi channel. Multi channel meliput dual, triple dan quad.

Sistem memori dual, triple atau quad yang ada pasang, akan sangat efektif membantu mempercepat proses transfer data. Dengan demikian kinerja dari komputer atau pun laptop anda menjadi semakin cepat.

  • Ruang Penyimpanan atau Storage Minimum Berkapasitas 1 Terabyte

Namanya ruang penyimpanan merupakan komponen yang sangat penting untuk menunjang kinerja produk digital ya sobat. Kapasitas penyimpanan yang sangat minim akan membatasi penyimpanan lembar kerja. Berbeda dengan kapasitas penyimpanan yang besar, semua aktivitas kerja anda menjadi lebih mudah dan bisa lebih banyak melakukan penyimpanan lembar kerja seperti halnya desain grafis.

Wajib anda perhatikan, bagi anda yang senang menekuni dunia desain grafis. Kapasitas penyimpanan yang diperlukan minimun 1 Terabyte sobat. Dijamin jika anda menyiapkan kapasitas tersebut kinerja anda akan sangat didukung.

  • Perhatikan Jenis Media Penyimpanan yang Ada

Tidak hanya kapasitas penyimpanannya saja yang wajib anda perhatikan sobat. Namun jenis dari media penyimpananannya pun juga harus diperhatikan. Penulis menyarankan kepada sobat semua yang hobi dengan desain grafis agar menyediakan jenis media penyimpanan minimum SSD (Solid State Drive) atau bisa juga SSHD (Solid State Hybrid Drive).

Kelebihan dari media penyimpanan jenis ini ialah terbukti mempunyai tingkat transfer data yang lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk biasa. Kualitas ini tentu saja ditawarkan dengan harga yang tidak murah sobat, justru cenderung mahal. Alternatif lainnya yang bisa anda ambil adalah dengan menggunakan hard disk konvensional.

  • Perhatikan Operating System (OS) yang Digunakan

Jika anda ingin kinerja komputer atau laptop menjadi lebih maksimal, maka anda wajib memperhatikan komponen satu ini. Operating system memang mempunyai pengaruh besar terhadap kinerja komputer atau laptop. Gunakanlah komputer atau laptop yang mempunyai sistem operasi 64 bit sobat.

Karena sistem operas 32 bit, faktanya tidak mumpuni untuk desain grafis dan kinerjanya menjadi lemot. Untuk mematchingkan sistem operasi 64 bit, maka RAMnya pun harus mempunyai kapasitas minimum 4 Gigabyte.

Kemudian disarankan juga untuk menggunakan Windows mulai dari versi minimalnya Windows 7 SP. Untuk yang lebih mumpuni Windows versi 8.1 64 bit atau bisa juga Windows 10 64 bit. Namun jika untuk membeli lisensi dari produk Windows tersebut dirasa cukup mahal, maka anda bisa menggunakan alternatif lainnya seperti menggunakan sistem operasi Linux 64 bit.

Karena kinerja antara keduanya yakni sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux tidak jauh berbeda kok sobat. Linux 64 bit sudah cukup mumpuni untuk digunakan menjalankan software editing profesional.

  • Perhatikan Resolusi Monitornya

Untuk mendapatkan tampilan gambar yang lebih baik, maka anda wajib menggunakan komputer atau laptop dengan resolusi layar minimum resolusi full HD 1920 x 1080 dan ukuran layarnya minimum 20 inch. Cukup besar ya sobat ukuran layar minimum untuk melakukan aktivitas desain grafis. Wajar saja anda akan melihat banyak komputer berukuran layar besar di area kantor yang menekuni bidang desain grafis.

Selain itu terdapat komponen – komponen lain yang ikut mendukung kinerja desain grafis, antara lain sebagai berikut :

  • PSU (Power Supply unit), Case, dan Motherboard, anda hanya perlu melakukan penyesuaian terhadap komponen platform yang digunakan.
  • Tidak hanya menggunakan keyboard dan mouse manual, untuk memaksimalkan proses desain grafis, anda bisa melengkapinya dengan memanfaatkan perangkat drawing tablet yang cocok digunakan dalam proses menggambar secara digital.
  • Kualitas audio juga tidak boleh diabaikan sobat, untuk mendapatkan backsound yang mumpuni, maka anda wajib menyiapkan perangkat sound cart tambahan.
  • Perhatikan juga kecepatan internet yang digunakan baik itu melalui Wifi atau pun LAN.
  • Gunakan DVD Room yang mumpuni dalam membantu proses instalasi driver, sistem operasi atau pun aplikasi software penunjang proses desain grafis.

Nah setelah melihat penjelasan di atas, sekarang bisa disimpulkan sobat. Bahwasannya untuk menunjang segala aktivitas desain grafis, tentu saja dibutuhkan berbagai spesifikasi komputer atau pun laptop yang mumpuni. Jika anda mengikuti saran yang penulis berikan, kenyamanan dalam melakukan desain grafis akan anda dapatkan.

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan kali ini mengenai spesifikasi komputer untuk desain grafis. Semoga sedikit inform.1asi yang bisa penulis berikan kepada sobat semua bisa membawa banyak manfaat. Mohon maaf sebelumnya jika pembahasan di atas masih banyak kekurangan dikarenakan ilmu penulis sangat terbatas. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah berkunjung. Salam hangat selalu dari penulis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.