cara mengirimkan barang lewat JNE

Alur Lengkap Bagaimana Cara Mengirimkan Barang Lewat JNE

Diposting pada

Buat kamu yang saat ini sedang memulai merintis bisnis online, pasti ingin tau dong cara mengirimkan barang lewat JNE maupun jasa pengiriman yang lain. Bisnis online tak lepas dari perusahaan jasa pengiriman barang seperti JNE, TIKI, J&T POS Wahana, Lion Parcel dan pasih banyak yang lain.

Tapi untuk yang sebelumnya belum pernah mengirim barang lewat jasa pengiriman tentunya akan sedikit bingung ya. Tenang aja disini saya akan memberikan info tentang cara mengirimkan barang lewat JNE, kenapa mesti JNE, hampir semua jasa pengiriman caranya sama, maka saya ambil yang sedang banyak orang pakai yaitu JNE. Oke simak langkah langkahnya ya.

Cara Mengirimkan barang lewat JNE

1. Kedatangan Pelanggan.

Pertama kali siapkan paket yang akan di kirim, pastikan kamu membawa paket ke counter JNE terdekat ya, ( jangan bawa kenangan masa lalu berat soalnya ). Pastikan paket yang kamu bawa siap kirim, artinya paket sudah di packing yang rapi dan sudah tertempel alamat.

Masuk ke counter dan Jika tidak ada antrian kamu bisa langsung ke mbak mbak atau mas mas (SCO) Sales Counter Officer nya. Namun bila terdapat antrian silahkan menunggu dan duduk dengan sopan serta tenang.

2. Penyambutan Pelanggan

Jika Sudah giliran anda untuk mengirim majulah dan duduk di depan petugas SCO. Nanti petugas SCO akan menyambut anda dengan senyum ramah dan menanyakan perihal apa yang bisa di bantu. ( tentu mau ngirim dong mass ) kalo petugas SCOnya enggak ramah enggak masalah jangan baper ya, mungkin baru sariawan, atau belum sarapan. Tapi pasti dilayani dengan baik kok.

3. Penghitungan berat

Sebelum petugas SCO memberikan info cara mengirimkan barang lewat JNE, yang mungkin nanti akan di jelaskan ongkirnya lama estimasinya dll. Paket kamu pertama kali akan di timbang dulu, atau jika paket kamu berukuran besar petugas akan melakukan pengukuran dimensi paket.

Kenapa ini dilakukan pertama kali. Karna berat atau ukuran dari paket tersebut akan mempengaruhi biaya ongkos kirim yang nanti akan di input oleh petugas SCO tersebut. Jika paket nya hanya dokumen bagaimana, JNE disini memberlakukan Minimum berat kiriman/paket itu adalah 1kg jadi kalo paket yang dikirim itu hanya dokumen atau amplop berukuran kecil JNE akan menghutung beratnya 1kg ini untuk domestik ya, kalo untuk internasional tetap dihitung berdasarkan gram.

4. Informasi Layanan

Setelah paket sudah di timbang dan di ketahui beratnya. SCO akan memberikan informasi layanan yang dapat kamu pilih. Beberapa layanan JNE diantaranya ada JNE SS, Yes ( yakin esok sampai/ sameday ), Reg ( reguler ), OKE ( layanan ekonomi ), JTR18 ( untuk layanan truking/ barang dengan jumlah dan berat yang banyak karna harganya lebih murah.

Ada juga layanan Diplomat service yaitu layanan premium JNE untuk pengiriman dokumen bernilai tinggi. dan International service atau layanan internasional. Semua layanan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan pengiriman. SCO juga akan menginformasikan tarif ongkir untuk tiap tiap jenis layanan.

5. Pemeriksaan Kiriman

Setelah Pengimbangan dan informasi layanan tata cara pengiriman lewat JNE selanjutnya yaitu pemeriksaan isi kiriman. Pemeriksaan kiriman ini sifatnya sebenarnya fleksible ya. Kalo yang kalian kirim hanya pakaian atau barang barang yang sifatnya umum tidak mudah rusak atau pecah, dan bukan zat cair atau gas yang memang tidak diperbolahkan untuk dikirim.

Biasanya SCO hanya akan memeriksa apakah packing paket tersebut sudah bagus dan aman. Tapi bila yang di kirim itu adalah barang barang HVS ( High Value Shipment ) atau kiriman dengan nilai harga yang tinggi seperti laptop, handphone, atau barang yang sejenis dengan harga yang mahal, pasti SCO akan memerika isi kiriman, serta SCO akan menyarankan untuk packing kayu dan asuransi.

Terkandang konsumen suka tidak terus terang saat ditanya soal isi paket, biasanya untuk menghidari packing kayu dan asuransi yang sebenarnya itu adalah jaminan agar barangnya sampai dengan selamat dan utuh.

6. Pengemasan Ulang

Langkah ke 6 cara mengirimkan barang lewat JNE yaitu pengemasan ulang. Pengemasan ulang disini berlaku apa bila barang yang kamu kirim adalah HVS atau barang dengan harga yang tinggi. Sebelumnya di poin ke 5 tadi pihak SCO memeriksa barang HVS dengan membongkarnya dan memeriksa fisik. mencatat serial number, jika barang itu elektronik.

Mencatat kelengkapan dan aksesoris yang ada pada barang tersebut. setelah di cek semua dan dicatat. Maka SCO akan Mengemas kembali paket kiriman tersebut di depan pengirim, agar pengirim juga tahu paketnya di kemas kembali dengan baik.

7. Asuransi Dan Packing Kayu

Setelah tadi paket HVS sudah di kemas maka SCO selanjutnya menerangkan bagaiman cara mengirimkan barang lewat JNE yang berupa barang HVS. Disini SCO akan menjelaskan tentang asuransi, meliputi nilai penggantian kerugian jika barang tersebut hilang atau rusak. Dan informasi tentang seperti apa packing kayu tersebut.

Untuk detail asuransi dan packing kayu mungkin kita akan bahas pada artikel khusus berikutnya. Setelah semua informasi dari SCO di berikan kepada pengirim langkah terakhir adalah penginputan.

8. Transaksi Pengiriman

Langkah terakhir dari cara mengirimkan barang lewat JNE yaitu transaksi pengiriman. Ini adalah langkah dimana data pengirim dan penerima akan di input kedalam system JNE, Semua data baik itu kode area , alamat pengirim dan penerima, service yang digunakan, jenis pengiriman menggunakan asuransi atau tidak dan packing kayu atau tidak.

Serta nama barangnya, jenisnya, beratnya dan jumlahnya semua akan diinput oleh Petugas SCO. Nah setelah semua data di input, muncullah nominal harga yang mesti dibayarkan pengirim. Disini pengirim bisa membayar via cash maupun payment, setelah proses pembayaran selesai, petugas akan memberikan resi bukti pengiriman yang di dalamnya terdapat nomor tracking yang bisa digunakan pengirim untuk melacak barangnya sampai dimana. sampai disini semua proses cara pengiriman barang lewat JNE sudah selesai.

Simpanlah bukti resi tersebut hingga barang yang di kirim benar benar sudah sampai. Karna proses klaim atau mungkin barang belum sampai dan kamu mau bertanya ke counter/konter JNE terdekat. maka petugas akan meminta nomer resi yang akan di input pada system.

Penutup
Demikian rangkaian proses cara mengirimkan barang lewat JNE. Semoga informasi di atas bermanfaat ya sobat. Jika kalian membutuhkan informasi tentang alamat dan wisata kalian dapat mengunjungi halaman alamat dan wisata pada blog ini . salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *