Mengulik Lebih Dalam Lagi, Apa Itu Desain Grafis?

Apa Itu Desain Grafis

0 4,770

Dalam kehidupan sehari – hari entah sadar atau pun tidak sadar, anda banyak menemuai apa yang namanya desain grafis sobat. Dari mulai di area rumah, lingkungan sekitar sampai dengan area jalan raya semuanya tidak lepas dari desain grafis. Tanpa keberadaannya dunia menjadi hampa dan kurang menarik. Lantas apa desain grafis itu?

Dalam dunia nyata, desain grafis merupakan suatau teknik dan cara yang digunakan untuk merancang sebuah logo, brosur, spanduk, tampilan web, karya seni dan lain sebagai. Berarti posisi desain grafis disini digunakan untuk menghidupkan sebuah rancang bangun sehingga bisa lebih menarik.

Berikut ini terdapat beberapa contoh desain grafis yang bisa anda simak agar lebih memahaminya lagi, antara lain :

1. Desain Grafis Logo

Logo merupakan salah satu komponen yang sekarang ini tidak bisa lepas dari kehidupan sebuah usaha. Baik itu usaha rumahan sampai perusahaan besar sekalipun membutuhkan yang namanya logo.

Logo bisa mewakili dari jati diri usaha yang kita jalankan. Selain itu juga digunakan sbagai brand name untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas. Mereka menjadi lebih mudah mengingat produk tersebut jika disertai dengan logo khusus yang menarik.

Contohnya saja logo yang digunakan oleh perusahaan otomotif seperti Toyota. Setiap kali masyarakat melihat logo tersebut pasti akan langsung ingat nama mobilnya dan berpikir mengenai keunggulan – keunggulan yang dipunyai produk Toyota. Branding ini sangat terbantu berkat adanya logo.

2. Desain Grafis Brosur

Dalam dunia marketing, yang namanya pemasaran adalah komponen paling penting ya sobat. Berhasilnya cara pemasaran yang dilakukan oleh para marketing bisa digambarkan terhadap tingkat penjualan yang didapatkan selama kurun waktu sebulan. Kemudian untuk bulan – bulan selanjutnya wajib mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi, tentu saja wajib menggunakan teknik dan cara yang tepat. Cara dalam pemasaran bisa terbantu berkat adanya brosur. Brosur sekarang ini tidak hanya yang dicetak saja ya sobat, melainkan bisa menggunakan desain versi digitalnya.

Dengan bantuan website, brosur yang menjelaskan suatu program dan promo bisa diaplikasikan dengan mudah, sehingga akan mampu membantu menekan biaya karena tidak perlu mencetak dan susah payah mengedarkannya. Setiap kali ada perubahan pun tinggal update saja.

Brosur disini fungsinya juga membantu dalam proses branding sobat. Memperkenalkan logo atau pun brand name sebuah perusahaan perlu sekal gencar melakukan pemasaran khususnya menggunakan brosur sebagai salah usaha agar masyarakat ingat terus.

3. Desain Grafis Template Website

Sebagai pengusaha kecil sampai dengan pengusaha besar saat ini sudah tidak aneh lagi jika mempunyai sebuah website. Website disini digunakan sebagai wadah memperkenalkan produk dan jasa mereka. Istilahnya ialah “Company Profile”. Company profile memang diperlukan guna memperlihatkan keseriusan dan keprofesionalan sebuah usaha itu sendiri.

Untuk mewujudkan template website yang menarik dan berkualitas, tentu saja tidak akan bisa lepas dengan yang namanya desain grafis. Ibaratnya template website tanpa desain grafis bagaikan sayur tanpa garam. Template website yang menarik akan menciptakan rasa nyaman bagi penggunanya sehingga lebih lama mengeksplor website anda tersebut.

Kemudian design grafis di dalam website juga akan membantu memudahkan para konsumen untuk berinteraksi atau bertransaksi. Misalnya saja mengajukan pertanyaan lewat kolom khusus yang sudah disediakan.

Sedangkan dalam proses transaksi, konsumen menjadi lebih mudah membeli barang yang mereka inginkan. Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dengan proses belanja pada platform marketplace tertentu karena template websitenya kurang jelas.

4. Desain Grafis Spanduk

Setiap hari anda pasti seringkali melihat spanduk di sepanjang jalan ya sobat. Entah saat anda pergi ke kantor ataupun sekedar jalan – jalan bersama keluarga. Dalam dunia bisnis, spanduk memang cocok digunakan sebagai media promosi agar masyarakat lebih mengenal produk atau jasa apa yang sedang anda tawarkan.

Untuk pembuatan spanduk sendiri diperlukan yang namanya desain grafis. Menarik dan tidaknya spanduk yang anda buat, sangat menentukan perkembangan usaha yang sedang anda jalankan. Pembuatan yang asal dan pasaran akan mengurangi daya tarik calon konsumen.

Sedangkan pembuatan yang unik dan menunjukkan ciri khas, berpeluang besar menciptakan ketertarikan dari para calon konsumen. Selain itu masyarakat juga akan lebih cepat mengenal produk atau jasa anda karena ciri khas yang dimiliki oleh usaha anda. Inilah alasan mengapa spanduk sangat dibutuhkan.

5. Desain Grafis Katalok

Coba anda lihat pengusaha – pengusaha yang sudah sukses dan produknya mulai merambah masuk kelas internasional, pastinya akan membuat desain katalok untuk mendukung proses pemasaran. Sebut saja perusahaan furniture raksasa sepert IKEA, para marketingnya berusaha keras mendesain katalog semenarik mungkin guna meningkatkan target penjualannya.

Katalog tidak hanya digunakan sebagai penunjang pemasaran saja ya sobat. Perusahaan bonafit tidak segan – segan menggelontorkan sedemikian banyak budget hanya untuk menomorsatukan desain grafis. Itulah yang menunjukkan bahwasannya sebuah usaha benar – benar dilakoni dengan sangat serius.

6. Desain Grafis Standing Display

Komponen yang satu ini juga tidak kalah penting dalam dunia usaha. Coba perhatikan pada toko – toko yang serius menjalankan usahanya, pasti standing display akan terpajang di area depan toko tersebut. Standing display dalam proses pembuatannya juga memanfaatkan desain grafis ya sobat.

Anda bisa membuat semenarik mungkin untuk memikat calon pembeli agar mampir ke tempat usaha anda berada. Ide – ide kreatif yang anda punya, dalam pembuatan desain standing display bisa langsung anda tuangkan dan aplikasikan.

Biasanya banyak orang yang awalnya tidak ada tujuan untuk datang ke tempat usaha anda, karena sering lalu lalang dan melihat desain tempat usaha anda menarik, maka lama kelamaan mereka akan berniat untuk datang. Meskipun awalnya hanya ingin lihat – lihat saja tidak menjadi masalah. Inilah al dari keberhasilan anda dalam membuat desain grafis sobat.

Sekarang anda sudah tahu bukan apa itu desain grafis? Dengan berbagai contoh yang ada terhadap pengaplikasian desain grafis dalam kehidupan sehari – hari, penulis harapkan bisa mempermudah anda dalam mendapatkan pemahaman.

Bisa diambil kesimpulan bahwa di kehidupan masyarakat pada umumnya keberadaan desain grafis memang tidak bisa dipisahkan. Keberadaannya membuat kemajuan di segala aspek dan bidang usaha. Untuk itu jika anda ingin usaha yang sedang dilakoni mengalami perkembangan yang pesat, penulis menyarankan untuk memanfaatkan keberadaan desain ini grafis ya sobat.

Mungkin itu saja ya sobat sedikit informasi dan penjelasan yang bisa penulis berikan kepada anda semua mengenai apa itu desain grafis. Semoga apa yang sudah penulis berikan tersebut bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua.

Terima kasih sudah bersedia menyisihkan sedikit waktu untuk berkunjung dan juga membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis. Terus semangat menebar manfaat ya sobat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.